Gaya Hidup untuk Kendalikan Rambut Rontok

Info Sehat / 5 September 2013

Kalangan Sendiri

Gaya Hidup untuk Kendalikan Rambut Rontok

Yenny Kartika Official Writer
4323

Kesehatan rambut, seperti bagian-bagian tubuh lainnya, mencerminkan kesehatan tubuh. Rambut yang rontok adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah di suatu bagian. Untuk mengendalikan rambut rontok dan menjaga kesehatan rambut, Anda perlu untuk melakukan perawatan pada kulit kepala. Kerontokan rambut dapat berlanjut pada rambut yang rapuh, ujung bercabang, dan kulit kepala berketombe.

Kebanyakan penyebab rambut rontok adalah faktor genetika atau keturunan. Meskipun demikian, kita dapat mengendalikan kerontokan rambut dengan melakukan pencegahan melalui gaya hidup sehat. Berikut ini kebiasaan dan gaya hidup untuk mencegah rambut rontok:

 

Pola makan sehat menunjang rambut yang sehat

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin dan mineral esensial akan membantu mengurangi kerontokan rambut. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menyertakan sayuran hijau, telur, oat, dan sereal gandum utuh dalam pola makan Anda. Rambut juga perlu mendapat nutrisi dari vitamin A, B, E, protein, dan yodium.

 

Cara berkeramas

Air yang terlalu panas maupun yang terlalu dingin tidaklah baik buat rambut. Jadi, pastikan air yang Anda gunakan untuk keramas adalah hangat atau suam-suam kuku.

Jangan memijat kulit kepala dengan kuku, melainkan gunakanlah ujung-ujung jari dengan perlahan.

Beberapa orang memiliki kebiasaan berkeramas dengan menggunakan air saja, padahal tujuan utama berkeramas adalah membersihkan rambut dari debu dan minyak. Oleh karena itu, gunakanlah sampo. Pilihlah sampo yang lembut bagi rambut Anda.

 

Cara menyisir rambut

Untuk menguraikan rambut  yang kusut, gunakan sisir bergigi lebar. Selalu gerakkan sisir ke arah bawah. Hindari menyisir saat rambut masih basah karena akan membuatnya mudah patah.

 

Cara mengeringkan rambut

Biarkan rambut kering dengan sendirinya secara alami. Hindari pengering rambut elektrik karena membuat rambut menjadi tampak kasar dan kaku.

 

Gunakan kondisioner

Kondisioner sangatlah penting untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari dan air yang mengandung klorin. Biasakan membubuhkan kondisioner pada rambut setiap dua hari sekali.

 

Berolahraga demi kesehatan rambut

Aktivitas jasmani akan berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Berolahraga secara teratur dapat mengurangi stress, memicu sirkulasi darah ke kulit kepada, dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Seringkali rambut tidak tumbuh lebat karena pencernaan terganggu, yang berpengaruh pada terhambatnya penyerapan nutrisi yang dibutuhkan rambut Anda.

 

Meskipun saat ini rambut Anda tidak rontok, tidak ada salahnya untuk membiasakan diri melakukan cara-cara simpel di atas. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena kepala Anda botak!

 

BACA JUGA:

Kurang Gizi Sebabkan Rambut Rontok

Nutrisi Rahasia untuk Hindarkan Rambut Rontok

Gereja ini Dipimpin Pendeta Gaul Berambut ala Mohawk

Sekolah Keluarkan Muridnya karena Rambut Gaya Beckham

Kisah Nyata Yohanky: Jerat Masturbasi Mengintimidasi Hidupku

Percaya atau Tidak, Mujizat Terjadi Setiap Hari


Sumber : Only My Health
Halaman :
1

Ikuti Kami