Salah Duduk Akar Penyebab  Nyeri Punggung
Sumber: 108csr.com

Info Sehat / 28 July 2013

Kalangan Sendiri

Salah Duduk Akar Penyebab Nyeri Punggung

Lori Official Writer
5426

Penyakit punggung merupakan penyakit yang sangat sering dikeluhkan khususnya pekerja kantoran yang menghabiskan waktu seharian duduk didepan komputer. Posisi duduk ini yang ternyata menjadi akar penyebab timbulnya nyeri punggung. 

Seorang Dokter ahli tulang dan juru bicara AOA Lisa DeStefano mengatakan terlalu lama di depan meja kerja akan memicu ketegangan otot leher hingga punggung. Sehingga ia menyarankan untuk melakukan peregangan atau pergerakan sejenak untuk mengistirahatkan otot-otot. Berikut posisi duduk yang salah secara umum:

#Tingginya kursi

Di kantor Anda dapat mengatur tinggi rendahnya kursi Anda dengan menyesuaikannya dengan tinggi meja. Jangan sampai menimbulkan tekanan bagi otot punggung. Aturlah posisi monitor sejajar dengan kepala dan pandangan mata agar tidak memberatkan leher dan bahu.

#Duduk tidak bersandar

Pada umumnya kursi kantor memiliki sandaran, jadi usahakanlah untuk bersandar agar punggung Anda tetap lurus dan nyaman. Cobalah bersandar dalam posisi yang benar seperti duduk dalam posisi tegap dan panggul di depan.

#Posisi tangan

Letakkanlah tangan di depan, tepat diposisi kiri-kanan keyboard komputer Anda. Jangan biasakan menggantungkan tangan di sisi kursi belakang bila Anda tidak ingin mengalami sakit dibagian jari-jari saat kerja.

#Letak Komputer

Kebiasaan menggunakan laptop dengan meletakkannya dimeja yang lebih rendah, tentunya akan memaksa Anda untuk membungkuk dalam waktu yang cukup lama. Jadi sesuaikanlah letak komputer Anda sejajar dengan pandangan mata dan bahu. Atur jarak Anda dengan komputer sekitar 50 cm.

#Tidak mengambil waktu istirahat

Hal sepele ini ternyata sering sekali diabaikan tanpa sadar. Berbagai alasan melatarbelakanginya seperti malas atau terlalu sibuk, sehingga waktu mengistirahatkan tubuh pun nyaris tidak pernah. Cobalah untuk berjalan-jalan dan menggerakkan otot-otot Anda. Lakukan paling tidak sekali dalam satu jam.

Jika Anda sedang mengalami kondisi ini, maka segeralah periksakan diri. Mulailah membenahi diri dengan memperbaiki posisi duduk Anda yang salah. Jangan tunggu hingga penyakit punggung Anda bertambah parah.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Stop Merokok Demi Tulang Belakang Anda!

Kesalahan yang Semakin Memperburuk Nyeri Punggung

Suntik Steroid Dapat Bahayakan Tulang Belakang

Turbo, Ketika Mimpi Seekor Siput Terwujud Lewat Keajaiban

Kizhi Pogost, Gereja Kayu Tertinggi Warisan Budaya Dunia

Sumber : Kompas Female | lori
Halaman :
1

Ikuti Kami