Ingin Lebih Sehat? Jadilah Pengusaha!

Info Sehat / 25 November 2012

Kalangan Sendiri

Ingin Lebih Sehat? Jadilah Pengusaha!

Lestari99 Official Writer
3887

Hasil sebuah survei terbaru di Amerika mengungkapkan bahwa seorang pengusaha relatif jarang memiliki penyakit kronis, seperti kolesterol tinggi, hipertensi maupun diabetes. Yang termasuk dalam kategori pengusaha dalam survei ini adalah mereka yang bekerja sendiri maupun mereka yang menjadi pemilik usaha atau bisnis baik skala kecil maupun besar.

Gallup-Healthways Well-Being Index meneliti 273.175 hasil wawancara yang dilakukan antara tanggal 2 Januari 2010 hingga 30 September 2012. Dari hasil riset ini, 6.896 responden yang berstatus sebagai pengusaha melaporkan kondisi kesehatan yang lebih baik dibandingkan responden lain yang berstatus karyawan.

Dari hasil wawancara tersebut disimpulkan para pengusaha cenderung lebih sering melakukan olahraga secara rutin, makan sayuran, dan menjalani pola diet yang lebih sehat ketimbang karyawan. Meskipun untuk urusan merokok, angka yang didapatkan seimbang di antara karyawan dan pengusaha.

Dalam hal kepemilikan asuransi, dari 4 pengusaha hanya 1 yang tidak memiliki asuransi. Sedangkan di kalangan pekerja, dari 10 karyawan hanya 1 yang tidak memiliki asuransi. Rendahnya kepemilikan asuransi di kalangan pengusaha disinyalir terkait tingginya biaya asuransi kesehatan baik untuk individu maupun pemilik usaha kecil. Para pengusaha juga dianggap memiliki keberanian yang lebih besar untuk menghadapi resiko tidak dijamin asuransi karena merasa lebih sehat.

Para pengusaha juga dilaporkan cenderung tidak memiliki cukup uang untuk membayar biaya pengobatan bagi mereka maupun keluarganya. Para pengusaha juga mengaku mereka lebih jarang datang ke dokter gigi.

Tak heran banyak karyawan yang saat ini memutar otak mencari cara agar dapat menjadi seorang pengusaha. Karena selain membuat seseorang berpeluang lebih cepat kaya, memiliki usaha sendiri juga membuat seseorang memiliki kondisi kesehatan yang relatif lebih baik.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : Kompas / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami