7 Penyakit yang Timbul Akibat Suka Marah-Marah
Sumber: google.com

Psikologi / 10 July 2014

Kalangan Sendiri

7 Penyakit yang Timbul Akibat Suka Marah-Marah

Lois Official Writer
81358

Mudah dan suka marah-marah ada bahayanya bagi kesehatan. Marah-marah adalah salah satu sifat negatif yang harus diberantas. Dilansir oleh Mag for Women, ada tujuh penyakit yang dapat timbul akibat marah-marah. Ketujuh penyakit itu adalah sebagai berikut :

Gangguan Pencernaan

Saat marah, kadar asam lambung meningkat. Kadar asam lambung yang meningkat, membuat berbagai gangguan pencernaan timbul di antaranya yaitu refluks asam, maag, dan sembelit.

Sakit Kepala

Orang yang suka marah-marah biasanya sering mengeluh sakit kepala. Emosional yang terlalu tinggi meningkatkan tekanan darah di kepala sehingga pusing atau migran pun terjadi.

Penyakit Jantung

Mudah marah menimbulkan stress yang membuat resiko penyakit jantung meningkat. Penelitian membuktikan kalau orang yang mudah marah cenderung terkena penyakit serangan jantung.

Depresi

Ketika pikiran stress yang ditimbulkan oleh kemarahan, maka depresi pun mudah datang. Saat depresi datang, tubuh menjadi rentan terkena berbagai penyakit.

Tekanan Darah Tinggi

Marah juga dapat memicu tekanan darah tinggi meningkat. Karena itu, tubuh perlu dijaga agar tekanan darah dalam kondisi normal.

Cemas

Orang yang mudah marah biasanya juga mudah cemas, termasuk dalam hal-hal sepele, bahkan membesar-besarkan suatu masalah. Akhirnya, kecemasan itu pun mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sering Sakit

Akibat mudah marah, sistem imun menurun. Pada akhirnya, karena imun menurun, berbagai macam penyakitpun mudah datang seperti demam, flu, atau batuk.

 

Tips untuk mengatasi rasa marah yaitu :

-Beralihlah dari situasi yang membuat Anda marah. Jika marah di rumah, pindah ke ruangan lain atau pergi keluar sendirian. Pindahlah ke tempat yang berbeda dengan dimana tempat rasa marah Anda berada. Jika tidak memungkinkan, upayakan sebisa mungkin meredam amarah.

-Tarik nafas selama 5-10 detik. Fokuslah untuk menghitung jumlah detik ketimbang pada hal apa yang membuat marah.

-Baru pikirkan tentang situasi saat itu dan apa sebabnya Anda bisa marah. Sebab setiap orang memiliki penyebab kemarahan yang berbeda. Kadang dengan menyadari bahwa Anda tengah terpengaruh tekanan dari luar akan membantu Anda lebih tenang.

-Pikirkan solusi singkat untuk mengatasi masalah yang membuat Anda marah.

 

Baca juga :

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

The Fault In Our Stars - Kisah Cinta Remaja Penderita Kanker

Daripada Taruhan, Lebih Baik Lakukan Ini

Langkah Mudah Sinkronisasi Data ke Smartphone Baru

Sumber : merdeka.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami