10 Kesalahan Lemahkan Kekebalan Tubuh (2)

Psikologi / 5 December 2012

Kalangan Sendiri

10 Kesalahan Lemahkan Kekebalan Tubuh (2)

Lestari99 Official Writer
5489

Setelah sebelumnya membahas 4 kebiasaan yang dapat melemahkan kekebalan tubuh Anda (artikel sebelumnya klik di sini), berikut adalah 6 kesalahan lainnya yang perlu Anda waspadai:

5. Berlarut-Larut Berada Di Bawah Tekanan. Tekanan yang Anda rasakan baik di tempat kerja maupun di rumah akibat masalah rumah tangga merupakan faktor yang paling sering memicu stres. Bukti ilmiah menunjukkan stres dapat menyebabkan penurunan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Stres ekstrim yang berlarut-larut bahkan dapat menyebabkan jumlah sel pembunuh virus lebih rendah dan aktivitas makrofag, yang dapat memperkuat respon imun berkurang. Cara sehat untuk mengatasi stres antara lain dengan berjalan santai, treadmill, atau melakukan aktivitas bersepeda.

6. Terlalu Sering Menggunakan Barang-Barang Milik Umum. Jangan anggap remeh barang-barang yang disediakan di tempat umum. Barang-barang tersebut, seperti bolpen misalnya, menjadi media ampuh untuk menularkan virus dari orang lain kepada Anda. Kuman flu dan pilek dapat dengan mudah berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain melalui barang yang digunakan secara bergantian.

Jika Anda membutuhkan suatu barang dan barang tersebut mudah untuk dibawa, sediakan barang tersebut untuk diri Anda sendiri. Jika tidak, selalu cuci tangan Anda setelah menyentuh barang-barang tersebut.

7. Jarang Berolahraga. Tak ada yang meragukan bahwa olahraga adalah aktivitas vital bagi kesehatan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian membandingkan mereka yang tidak aktif berolahraga dengan mereka yang melakukan aktivitas jalan cepat hampir setiap hari.

Hasilnya cukup mengejutkan. Mereka yang jarang berolahraga berpotensi untuk sakit dua kali lipat lebih banyak dalam 4 bulan dibandingkan mereka yang aktif berolahraga. Para ahli bahkan mengatakan bahwa aerobik selama 30 menit saja dapat mengembalikan sirkulasi sel darah putih dan membuat sistem kekebalan tubuh kembali kuat.

8. Menjadi Perokok Pasif. Bahaya laten perokok pasif sama beresikonya dengan perokok aktif. Setiap tahun, karena paparan asap tembakau, sekitar 3.000 orang meninggal karena kanker paru-paru dan sekitar 300.000 anak menderita infeksi saluran pernafasan.

Asap rokok dapat memicu serangan asma dan memperburuk gejala pada penderita alergi. Kondisi-kondisi ini tentu saja dapat melemahkan imunitas tubuh seseorang. Solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah hindari untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman yang perokok demi menpertahankan kekebalan tubuh yang kuat.

9. Terlalu Bergantung Pada Antibiotik. Terlalu bergantung pada obat antibiotik di kala sakit justru dapat membuat virus menjadi resisten terhadap obat. Akibatnya infeksi yang ditimbulkannya akan menjadi lebih serius. Para peneliti bahkan menemukan bahwa pasien yang meminum antibiotik tertentu telah mengurangi tingkat sitokin, pembawa pesan hormon dari sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem imunitas tubuh ditekan, Anda akan lebih mungkin untuk mengembangkan bakteri resistan atau menjadi sakit di kemudian hari.

10. Terlalu Serius. Berbagai hiburan dan tawa lepas merupakan obat mujarab terhindar dari stres. Para peneliti menemukan bahwa tawa memberikan emosi positif yang berhubungan dengan penurunan hormon stres dan meningkatkan sel kekebalan tubuh.

Penelitian yang dilakukan di Loma Linda University School of Medicine menunjukkan, orang dewasa sehat yang menonton video lucu selama satu jam mengalami peningkatan signifikan terhadap aktivitas sistem kekebalan tubuh. Jadi, jangan terlalu serius dalam menjalani hidup ini. Tertawalah demi meningkatkan kesehatan Anda sendiri dan juga orang-orang yang ada di sekitar Anda.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : Detik Health - LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami