Atasi Depresi Dan Mengubah Hidup Anda (2)

Psikologi / 17 October 2012

Kalangan Sendiri

Atasi Depresi Dan Mengubah Hidup Anda (2)

Lestari99 Official Writer
6427

Anda dapat mengatasi depresi dengan meminta bantuan seorang spesialis. Pengobatan yang diberikan bertujuan untuk memperbaiki mekanisme biologis dalam pola pikir yang memungkinkan seseorang merasa depresi. Namun agar dapat mengatasi depresi secara efektif, Anda harus mengubah pandangan dan pola pikir Anda. Dengan mengubah pola pikir, Anda dapat menciptakan perlindungan jangka panjang terhadap depresi. Sehingga selain melalui bantuan seorang spesialis, Anda juga dapat mengatasi depresi dengan mengandalkan diri Anda sendiri. Beragam cara yang dapat Anda tempuh antara lain:

Menerima Diri Dan Kelemahan Anda Sendiri

Jika Anda tidak mampu mengatasi depresi seorang diri dan jika usaha Anda tidak berhasil, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerima kekurangan tersebut. Daripada mencoba mengubah hidup Anda dengan paksa, Anda harus menerima diri Anda, apa yang Anda rasakan dan berkonsentrasi pada hal-hal yang mampu Anda lakukan.

Depresi bisa saja lenyap namun Anda tidak dapat memprediksi kapan depresi akan terjadi. Anda tidak perlu mencoba untuk mengubah hal-hal yang memang tidak bisa Anda ubah. Lakukan yang terbaik untuk membantu diri Anda sendiri namun di saat yang bersamaan Anda juga harus menerima kelemahan Anda.

Terimalah fakta bahwa Anda sedang mengalami depresi dan hiduplah berdampingan secara harmonis hingga Anda berhasil mengatasinya. Tak seorangpun suka merasa depresi, namun Anda harus memahami bahwa tidak ada gunanya untuk terus-menerus merasa depresi karena pada titik ini Anda belum memiliki kekuatan, determinasi dan keinginan untuk maju. Cobalah untuk menerima apa yang sedang terjadi dalam diri Anda dan tunggulah hingga kekuatan Anda kembali dan Anda merasa mampu untuk mengatasi depresi.

Kenali Pikiran Serta Perasaan Negatif Anda

Sangat penting bagi Anda untuk mengenali alasan yang membuat Anda depresi supaya Anda mampu mengubah dan mengendalikan pikiran negatif yang membuat Anda terperangkap dalam siklus depresi. Anda dapat melakukan hal ini dengan mencatat setiap pikiran negatif yang terlintas dalam pikiran Anda setiap hari selama beberapa waktu. Lalu selama 20 menit cobalah untuk mengenali, mengelompokkan, dan memeriksa pikiran-pikiran tersebut setiap hari. Dengan mencatat dan memeriksa penyebab rasa depresi tersebut akan membuat Anda mampu megenali alasan mengapa Anda terdorong ke dalam keadaan mental yang buruk dan berakhir dengan depresi. Dengan mengenali pola pikir negatif, Anda mampu mencegah dan memperbaiki bahkan menghentikan siklus depresi.

Mengatasi Depresi Melalui Pengobatan

Meskipun Anda memiliki alasan yang tepat untuk menghindari penggunaan obat yang berlebihan, Anda dapat mengatasi depresi melalui obat, khususnya obat anti depresi. Obat anti depresi mempengaruhi otak dan sel-sel syaraf. Secara spesifik, obat-obatan bekerja dengan mengubah reaksi kimia (neurotransmitter) yang digunakan sel syaraf untuk berkomunikasi satu sama lain. Obat anti depresi biasanya aman untuk digunakan, tidak menimbulkan ketergantungan, tidak memiliki efek samping yang berbahya dan dapat membantu Anda mengatasi depresi. Tujuan pemakaian obat anti depresi bukanlah untuk mengatasi masalah Anda dengan cepat, namun untuk memberikan kesempatan kepada diri Anda untuk merasa lebih baik. Namun ingat, pengunaan obat anti depresi apapun harus dilakukan setelah konsultasi dan melalui resep dokter!

Menggunakan Bantuan Psikoterapi

Depresi merupakan indikasi bahwa Anda memiliki masalah dalam diri Anda yang harus Anda temukan solusinya. Depresi bukan hanya sekedar penyakit melainkan sinyal dari otak yang harus dipecahkan. Mengatasi depresi harus dilakukan sebagai cara untuk mengembangkan diri dan imbalan untuk mengubah hidup, otak dan pola pikir Anda. Ahli psikoterapi dapat membantu Anda memahami alasan-alasan psikologis yang menyebabkan depresi dan menawarkan dukungan kepada Anda selama melalui proses hidup yang sulit tersebut.

Psikoterapi membantu Anda mengatasi depresi dengan menyelidiki pemicu depresi secara lebih mendalam, membantu Anda mengenali masalah yang menyebabkan depresi, memperbaiki hubungan Anda, membantu Anda menemukan kebahagiaan hidup yang hilang karena depresi, membantu Anda mengekspresikan perasaan dengan lebih baik, membantu Anda meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri, membantu Anda mengubah hidup menjadi lebih baik, dan membantu Anda menetapkan tujuan hidup yang akan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Semakin sehat dan kuat diri Anda, semakin mudah bagi Anda untuk mengatasi depresi. Sangatlah penting bagi Anda untuk mengembangkan tekhnik pribadi Anda dalam memonitor dan mengendalikan diri Anda sendiri untuk mengubah pandangan serta pola pikir mengatasi depresi. (TAMAT)

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : akuinginsukses.com
Halaman :
1

Ikuti Kami