Tempe Makanan Super Lezat, Kaya Gizi dan Pas di Kantong

Gizi & Nutrisi / 27 November 2012

Kalangan Sendiri

Tempe Makanan Super Lezat, Kaya Gizi dan Pas di Kantong

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
5874

Bagaimana solusi untuk memperoleh gizi saat keuangan kita sedang ‘ngepas’ atau cenderung berkekurangan? Mungkinkah di zaman yang serba mahal ini memiliki makanan olahan yang lezat, kaya gizi namun murah?

Syukur kepada Tuhan untuk kita yang terlahir di Indonesia, karena negeri ini memiliki makanan super lezat dan sehat, serta asli buatan Indonesia yaitu tempe.

Pemerhati tempe dari Inggris, Jonathan Agranoff mengatakan bahwa tempe adalah makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi bahkan kandungan proteinnya sama dengan protein daging.

"Apalagi banyak pakar dunia termasuk pakar di Indonesia, tempe lebih cepat mengobati penyakit diare bagi anak-anak dan gizi buruk akibat dehidrasi, pasalnya asam aminonya sangat tinggi,"ucap Agranoff.

Tempe pun sering dipandang sebelah mata dan dianggap sebagai makanan masyarakat bawah. Padahal, tempe sebenarnya adalah “makanan super” yang banyak sekali keunggulannya. Sebagai makanan yang berbahan kedelai, tempe memiliki semua manfaat kesehatan dari kedelai plus manfaat lain dari hasil proses fermentasi. Berikut adalah beberapa keunggulan tempe:

1. Kaya serat

Satu porsi tempe mengandung serat lebih dari yang dikonsumsi sebagian besar orang dalam satu hari. Serat sangat penting untuk kesehatan saluran pencernaan dan mencegah berbagai penyakit kronis.

2. Mudah dicerna

Tempe adalah pilihan yang cocok untuk orang yang mengalami masalah pencernaan. Proses fermentasi sangat mengurangi oligosakarida yang membuat kacang-kacangan sulit dicerna oleh sebagian orang. Kedelai pada tempe lebih lembut karena proses fermentasi menghasilkan enzim-enzim yang mem-pracerna sebagian besar nutrisi dasarnya. Enzim fitase pada tempe meningkatkan penyerapan mineral seperti zinc, besi dan kalsium.

3. Rendah natrium

Bila Anda memiliki hipertensi, tempe adalah makanan ideal untuk Anda. Tidak seperti produk kedelai lain seperti tauco dan kecap asin, tempe sangat rendah natrium.

4. Mengandung antibiotik alami

Tempe mengandung zat antibiotik yang melawan berbagai organisme penyebab penyakit. Tempe dapat digunakan sebagai obat alami untuk disentri dan masalah pencernaan karena infeksi lainnya.

5. Baik untuk penderita diabetes

Protein dalam tempe sangat baik untuk pasien diabetes, yang cenderung memiliki masalah dengan sumber protein hewani. Protein dan serat dalam tempe juga dapat mencegah kadar gula darah tinggi dan membantu menjaga kadar gula darah tetap di bawah kontrol.

6. Mencegah berbagai penyakit

Tempe dan makanan berbasis kedelai lainnya mengandung isoflavon, senyawa fitokimia yang hanya ditemukan pada tumbuhan. Dengan meniru estrogen di lokasi tertentu dalam tubuh, isoflavon memberikan banyak manfaat kesehatan yang membantu Anda menghindari berbagai penyakit. Beberapa manfaat isoflavon:

  1. Menurunkan risiko kanker termasuk kanker payudara, kelenjar prostat dan usus besar.
  2. Peningkatan kesehatan tulang.
  3. Menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi hingga 10%.
  4. Meringankan gejala menopause. Di Jepang, di mana konsumsi kedelai sangat tinggi, gejala menopause jarang dilaporkan.
  5. Menurunkan kolesterol. Isoflavon adalah anti-oksidan yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain isoflavon, kedelai juga memiliki zat yang disebut saponin, yang secara signifikan menurunkan kolesterol.

 

Baca Juga :

Ternyata Semua Mahluk di Bumi Perlu Sabat

Potensi Manusia Baru

Menunggu Keajaiban atau Melakukan Keajaiban?

Apa Saja Yang Bisa Kita Lakukan Saat Liburan Berdua?

Sebulan Lagi Hari Natal, Rencanakan Liburan Yang Berkesan

Sumber : banyak sumber / jp.mamora
Halaman :
1

Ikuti Kami