Makanan Tepat Cuaca Ekstrim Yang Tak Menentu

Gizi & Nutrisi / 23 October 2012

Kalangan Sendiri

Makanan Tepat Cuaca Ekstrim Yang Tak Menentu

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
6694

Cuaca dan iklim yang ekstrim serta tak menentu akan cepat menimbulkan banyak penyakit. Maka sangat penting untuk kita mengkonsumsi makanan yang tepat, sehat dan bergizi sebagai upaya pencegahan dari sakit penyakit.

Bila cuaca ekstrim ini lebih didominasi cuaca panas/kemarau yang berkepanjangan maka ada makanan/minuman yang perlu kita hindari:    

  1. Kurangi konsumsi makanan berminyak semisal gorengan.
  2. Kurangi makanan bersantan semisal opor ayam, gulai, rendang. 
  3. Kurangi minuman dengan es dan air dingin dari kulkas. Lebih baik minum air suhu normal atau air hangat lebih menyehatkan.
  4. Jangan merokok.

Kekeringan akibat musim kemarau berkepanjangan menimbulkan munculnya beberapa kasus penyakit kulit, diare dan tipus di sejumlah wilayah di Indonesia.

Inilah makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat cuaca ekstrim yang tidak menentu (Terkusus musim kemarau yang berkepanjangan)  

1) Buah dan Sayur Berwarna Jingga, Kuning, Ungu dan Merah

Karoten yang terdapat pada buah dan sayur terbukti mencerahkan kulit. Karena itu banyak mengkonsumsi sayuran dan buah dapat membuat kulit cerah bersinar dalam beberapa minggu. Hasil studi yang dipublikasikan pada Maret 2012 melalui situs St. Andrews ini menyatakan bahwa peran karotenoid, pigmen warna jingga pada buah dan sayur, sangat bermanfaat untuk mencerahkan warna kulit.

2) Rumput Laut / Ganggang / Alga

Secara umum, kandungan zat yang terdapat pada rumput laut berlimpah yodium, kalsium, magnesium dan kalium. Pada saat yang sama ganggang memiliki kandungan serat makanan yang tinggi dengan sifat satiating dan sedikit pencahar. Karena itu rumput laut dianggap makanan penurun berat badan.

Selain itu mengandung cukup banyak vitamin A, seperti beta-karoten, yang hadir dalam jumlah 20 kali lebih tinggi dari wortel. Vitamin B, bersama-sama dengan C, D dan vitamin E yang sangat baik.

Unsur lain yang kita temukan dalam rumput laut, adalah asam alginat yang memiliki sifat khusus untuk penghapusan logam berat dari tubuh. Dan dapat mengeluarkan kotoran serta racun yang menumpuk di dalam tubuh kita.

Dan bisa dipastikan bahwa rumput laut adalah detoksifikasi untuk hati dan batu ginjal, Serta membantu pencernaan dan penghapusan attravaerso limbah beracun keringat, tinja dan urin. Kehadiran asam lemak menyebabkan rumput laut juga memainkan anti-inflamasi dan karena yodium yang merangsang aktivitas tiroid, sehingga mempercepat metabolisme.

Ganggang pada saat yang sama memiliki kemampuan besar untuk melawan patogen dan dengan demikian membantu tubuh untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang, rambut dan kuku.

Dan menurut sebuah penelitian terhadap rumput laut atau Alga bisa di manfaatkan sebagai lawan dari jenis kanker tertentu, berkat adanya antioksidan di dalam rumput laut.

 

Sumber : berbagai sumber / jp.mamora
Halaman :
1

Ikuti Kami