Ingin Hamil? Lakukan Diet Kesuburan Ini

Gizi & Nutrisi / 25 May 2012

Kalangan Sendiri

Ingin Hamil? Lakukan Diet Kesuburan Ini

Lois Official Writer
6992

Setiap pasangan yang menikah tentunya ingin memiliki keturunan. Sebagian dari mereka, ada yang dengan mudah mempunyai anak, namun tidak sedikit pula yang kesulitan mempunyai anak. Ada banyak hal yang dilakukan oleh pasangan tersebut agar dapat memiliki anak. Salah satu hal yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan diet kesuburan (fertility diet).

Kamu adalah apa yang kamu makan, menurut pepatah lama dan itu ada benarnya karena kesehatan dan apapun yang terjadi pada tubuh manusia sebagian besar dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi. Hal ini juga diperkuat dari pernyataan Cynthia Stadd, ahli gizi dari Berkeley Center for Reproductive Wellness and Women’s Health di New York.

Berdasarkan American Pregnancy Association, sebaiknya tiga bulan sebelum merencanakan hamil, kita harus sudah mengatur pola makan. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan :

Mengendalikan konsumsi kafein. Orang yang sering mengkonsumsi kafein akan sulit memiliki anak, menurut para ahli. Kafein akan mempersempit pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah menuju rahim menjadi lambat dan sangat berpotensial dalam hal sel telur tersebut sulit terbuahi oleh sperma.

Mengurangi konsumsi karbohidrat olahan. Karbohidrat yang diolah kemungkinan telah kehilangan beberapa zat penting seperti antioksidan, vitamin B, dan zat besi. Hal ini akan merugikan tubuh. Karena itu, konsumsilah 6 ons gandum murni per hari. Jika menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang bisa menyebabkan kemandulan pada wanita, sebaiknya jangan mengkonsumsi karbohidrat olahan berlebih karena bisa menyebabkan ovulasi tidak teratur.

Konsumsi multivitamin alami yang terdapat pada sayur dan buah-buahan.

Konsumsi ikan untuk mendapatkan asam lemak omega 3. Tubuh memerlukan asam lemak omega 3 untuk mengoptimalkan kesuburan dan ikan merupakan sumber terbaik zat tersebut seperti salmon, tuna, ataupun udang.

Konsumsi zat besi yang dibutuhkan untuk membantu proses kehamilan.

Hindari makanan yang mengandung bakteri listeria. Bakteri ini biasanya ditemukan dalam daging yang kurang matang dan produk yang tidak dipasteurisasi. Perempuan yang hamil bisa 20 kali lebih mudah terkena sakit jika mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri listeria. Bakteri ini bisa mengakibatkan keguguran pada trimester pertama, karena itu hindari konsumsi makanan mentah tersebut.

Selain harus dilakukan oleh wanita, diet ini juga bisa dilakukan oleh laki-laki sehingga proses untuk mendapatkan anak bisa segera terwujud. Selain melakukan diet kesuburan sebaiknya juga konsultasikan dengan dokter apakah ada gangguan dengan organ reproduksi masing-masing pasangan.

Sumber : detik.com by lois horiyanti
Halaman :
1

Ikuti Kami