Share this article :

5 Orang Biasa yang Justru Dipakai Tuhan Luar Biasa

 Mon November 28th, 2016
 3495

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

5 Orang Biasa yang Justru Dipakai Tuhan Luar Biasa Sumber : www.centralbaptist.com

Banyak orang Kristen yang merasa tidak layak dan mustahil dipakai Tuhan. Diantaranya berpikir bahwa Tuhan hanya akan memakai orang-orang besar, terpandang, berasal dari latar belakang keluarga yang baik, dan yang suci dalam hidupnya. Sebelum banyak orang yang berpandangan serupa adalah lebih baik mengetahui bahwa kenyataannya Tuhan tidak memandang apa yang dimiliki seseorang untuk layak melayani-Nya. Dalam banyak kisah, bahkan cerita tokoh-tokoh Alkitab, sebagian diantara mereka yang berpengaruh dalam kekristenan justru adalah orang-orang biasa pada awalnya. Namun Tuhan memperlayakan mereka karena mereka membuka hati untuk mengikut Tuhan.

Adapun beberapa orang biasa yang ternyata dipakai Tuhan secara luar biasa adalah:

1. Gideon

Bisakah Anda berpikir tentang seseorang yang paling tidak berkualitas daripada Gideon? Yang mengaku dia adalah suku yang terkecil dari suku-suku Israel? Allah tahu hal itu, dan Dia tidak mencari yang kuat dan berkuasa atau yang cakap berbicara. Ia memanggil yang terkecil di mata dunia agar Dial ah yang paling dimuliakan. Jangan pernah berpikir bahwa Allah memperhitungkan potensi dengan ukuran atau kekuatan. Dia melihat hati (1 Samuel 16: 7). Tiga ratus orang Gideon, yang terdiri dari petani dan gembala menghadapi 135 ribu tentara Midian. Karena Gideon taat, Tuhan memberi kemenangan.

2. Daud

Daud disebut sebagai seorang yang berkenan dihati Allah (Kisah Para Rasul 113: 22), namun nyatanya dia adalah seorang pezinah dan pembunuh. Untungnya, seperti tulisan pemazmur, bahwa Allah tidak berurusan dengan kita sesuai dengan dosa-dosa kita, atau membalas kita sesuai dengan kejahatan kita (Mazmur 103: 10). Allah memulihkan Raja Daud setelah dia mengungkapkan doa pertobatannya. “Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmat-Mu yang besar! Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku! (Mazmur 51: 1-2)”. Daud yang dulunya hanyalah seorang gembala yang rendah hati diangkat Allah menjadi raja atas Israel.

3. Musa

Banyak tokoh-tokoh Alkitab berasal dari latar belakang seorang pembunuh, seperti halnya Musa, yang harus menjalani hidup setelah membunuh seorang warga Mesir dan seorang gembala yang berkelana selama 40 tahun di padang gurun. Musa juga bukan ahli komunikasi seperti apa yang dia katakana kepada Tuhan, “Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulu pun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hama-Mu pun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah.”

Tuhan memilih Musa meskipun Dia tahu bahwa laki-laki ini tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan perintah seperti yang disuruhkan kepada-Nya. Dari latar belakang pembunuh, lalu melarikan diri, kemudian kembali ke Mesir dan dipilih untuk memimpin bangsa Israel keluar dari tanah perbudakan. Itulah yang dilakukannya.

4. Rasul Paulus

Menganiaya umat Tuhan adalah tugas terbesar seorang Paulus di masa lalu. Sebelum menjadi Paulus, namanya adalah Saulus yang artinya perusak. Hingga pada suatu hari saat dia tengah dalam perjalanan menuju Damsyik untuk menganiaya umat Tuhan di sana, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi Dia (baca Kisah Para Rasul 9:1-3). Matanya dibutakan, dan akhirnya melihat kembali. Dari pengalaman itu, dia bertobat dan memebrikan dirinya untuk melayani Tuhan dan mengganti namanya menjadi Paulus yang berarti kecil atau rendah hati. Paulus adalah bapa penginjil yang paling berpengaruh dalam kekristenan karena pelayanan dan pengorbanannya yang luar biasa kepada Tuhan.

5. Yeremia

Saat Yeremia dipanggil oleh Allah, dia masih sangat muda. Dia mulai mencari alasan bahwa dirinya tidak layak dengan berkata, “Ah, Tuhan Allah! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda (Yeremia 1: 6)”. Ya, dalam pikiran kita dia mengatakan hal yang jujur karena siapa yang mungkin mau mendengarkan dia berbicara sebab pada masa itu orang muda tidak memiliki ruang untuk berbicara. Tetapi Tuhan menjawabnya, “Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapapun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan. "Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapapun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan.” Yeremia melakukan yang terbaik dan percaya bahwa tangan Tuhan senantiasa terulur menolongnya.

Selain lima tokoh di atas, masih banyak tokoh Alkitab lain yang dipakai Tuhan menjadi luar biasa meskipun  kenyataannya mereka hanyalah orang biasa, seperti Petrus, Yusuf atau Nehemia. Tetapi kita melihat bahwa Allah memakai orang-orang ini. Panggilan Tuhan bahkan tidak berhenti hanya kepada mereka, mungkin hari ini beberapa diantara kita juga terpanggil untuk melakukan kehendak Tuhan, dan kita hanya perlu membuka hati dan mengatakan ‘Ya’.

“Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat, dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti, supaya jangan ada seorang manusiapun yang memegahkan diri di hadapan Allah (1 Korintus 1: 27-29)”.

Sumber : Christianquotes.info/jawaban.com/ls

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Deasy Suliestyorini 7 December 2016 - 17:48:29
Mohon bantuan doa untuk pekerjaan yg sdh lama saya... more..

Melpa Sinaga 29 November 2016 - 16:57:17
Shalom, saya melpa sinaga. saya baru tamat sekolah... more..

Naftalita Calista Putri 28 November 2016 - 19:33:37
Syalom , saya naftalita .. saya adalah seorang mah... more..

joshua 28 November 2016 - 09:49:48
Saya joshua..saya telah menikah selama 2 tahun. Na... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Saat Maria Bertemu Dengan Gabriel
Saat Maria Bertemu Dengan Gabriel
Inilah pertanyaan Maria ketika malaikat Gabriel datang kepadanya memberitakan kelahiran Yesus. Jawab...