David Karp, Siswa Drop Out Pendiri Startup Bernilai Milyaran
Sumber: WireImage

Profile / 30 June 2015

Kalangan Sendiri

David Karp, Siswa Drop Out Pendiri Startup Bernilai Milyaran

Theresia Karo Karo Official Writer
3922
Pengguna Tumblr tentu kenal dengan satu sosok yang satu ini, David Karp. Kreativitasnya telah melahirkan layanan mikro blog sekaligus media sosial yang  memungkinkan penggunanya untuk mengirim file multimedia dalam blog singkat. Platform yang satu ini juga memungkinkan para penggunanya untuk mengatur privasi blog pribadi dan mem-follow pengguna lainnya.

Semua ini tidak terlepas dari kerja keras dan perjuangan pria berusia 28 tahun ini. Meskipun dirinya adalah siswa drop out (mengundurkan diri), Karp juga membuktikan bahwa tidak selamanya pendidikan menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang.

Karp Besar di Manhattan bersama kedua orang tuanya, Michael D. Karp dan Barbara Ackerman. Perkenalannya dengan HTML (HyperText Markup Language) berlangsung sejak dirinya menginjak usia 11 tahun. Saat itu, Karp juga sudah mulai merancang situs web untuk beberapa usaha di lingkungannya.

Sebelum di DO, Karp sempat bersekolah di Bronx Science selama satu tahun. Keputusan untuk home schooling dilakukannya demi impian mengenyam pendidikan di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Saat itu, Karp muda ingin menarik perhatian universitas tersebut lewat pengalamannya mengerjakan proyek-proyeknya. Meskipun begitu, hingga saat ini Karp justru tidak pernah kembali melanjutkan studinya atau mendapatkan ijazah.

Perkenalannya dengan Fred Seibert, yang merupakan pemilik Frederator Studio yang memproduksi film-film kartun seperti Nickelodeon, Cartoon Network menjadi awal karirnya. Di usia yang masih tergolong belia, yakni 14 tahun, Karp bekerja sebagai pegawai magang di perusahaan animasi tersebut.

Karp juga pernah bekerja di forum rumah tangga UrbanBaby sampai tahun 2006. Baru setelah itu, Karp mencoba peruntungan baru dengan mendirikan perusahaan perangkat lunaknya sendiri (startup), Davidville. Bersama teknisi komputer Marco Arment, keduanya bekerja mengerjakan sejumlah proyek pesanan klien.

Ketika terjadi celah antar kontrak di tahun 2006, keduanya mulai mengerjakan situs web mikroblog yang diluncurkan pada Februari 2007 dengan nama Tumblr. Ide brilian dan kerja keras yang ditunjukkan Karp telah membawa Tumblr melesat jauh dan semakin sukses.

Hingga awal tahun 2015, Tumblr sudah digunakan lebih dari 400 juta pengguna aktif. Total blog yang terdaftar sebanyak 217,6 juta dengan 100,2 milyar postingan di dalamnya. Rata-rata postingan per hari sebanyak 97 juta. Dilansir dari situs Alexa, Tumblr berada di peringkat 14 Amerika Serikat dan peringkat 36 dalam lingkup global.

Pada tahun 2010, Karp masuk dalam daftar inovator terbaik dunia di bawah 35 tahun dalam Review MIT Technology, yang adalah universitas impiannya dahulu.  Saat ini, layanan micro bloggingnya tersebut telah diakuisisi oleh CEO Yahoo dengan nilai fantastis, yakni USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 10 Triliun pada tahun 2013. Karp tetap menjabat sebagai CEO perusahaan.

Tumblr menjadi salah satu jejaring media dengan pertumbuhan tercepat yang menampilkan 900 postingan per detiknya. Berpusat di New York, Tumblr kini telah merekrut 310 oekerja untuk mendukung performanya. Situs blogging ini juga menjadi platform blogging pertama untuk blog resmi Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Anda diberkati dengan artikel ini, yuk share artikel ini di Facebook-mu dan ajak teman-temanmu untuk re-share link artikelnya. Semakin banyak yang re-share, semakin keren hadiahnya. Keterangan lebih lanjut, KLIK DI SINI.

(Photo: WireImage)

Sumber : Berbagai sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami