4 Kualitas Iman yang Berbeda

Kata Alkitab / 4 March 2015

Kalangan Sendiri

4 Kualitas Iman yang Berbeda

Tiurma Ida Purba Official Writer
13282
Selama Anda masih berada di dunia ini, Anda masih membutuhkan iman. Berarti ketika Anda di surga Anda sudah tidak membutuhkan iman. Yang kekal adalah kasih Tuhan. Apakah arti iman yang sesungguhnya?

Ibrani 11:1 : Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. 

Ketika sesuatu hal yang mustahil menghampiri Anda, tetaplah berjalan walau Anda tidak melihat. Itulah iman. Lalu bagaimana Anda tetap mempertahankan kualitas iman? Setiap orang memiliki kualitas iman yang berbeda-beda. Maka dari itu Anda membutuhkan solusi untuk memperoleh kualitas iman yang baik. Kualitas iman menghasilkan apa yang Anda peroleh. Berikut ini adalah 4 kualitas iman yang perlu Anda ketahui : 

# Iman Anda bisa lemah atau kuat. 
Roma 4:19-20 : Imannya tidak menjadi lemah, walaupun ia mengetahuinya, bahwa tubuhnya sudah sangat lemah, karena usianya telah kira- kira seratus tahun, dan bahwa rahim Sara telah tertutup. Tetapi terhadap janji Allah ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan, malah ia di perkuat dalam imannya dan ia memuliakan Allah. 
Kualitas iman yang pertama ini terkadang dimiliki orang –orang yang sudah lahir baru dan mengenal Allah secara pribadi. Namun, ketika ketika orang itu mendapat sebuah persoalan yang luar biasa, iman itu bisa redup dan bahkan mati. Namun, Tuhan memberikan Abraham dan Sara untuk menjadi teladan bagi setiap orang percaya bahwa Anda harus memiliki iman yang kuat. 

# Iman yang teruji dan tidak teruji 
1 Petrus 1:7 : Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diriNya. 
Kualitas iman yang kedua adalah iman yang dimiliki orang –orang yang memang diuji oleh Tuhan. Contohnya saja Ayub. Ayub adalah salah satu tokoh alkitab yang memang imannya sudah teruji. Allah sudah tidak meragukan kepercayaan Ayub kepadaNya. Marilah menjadi Ayub-ayub masa kini. 

#Iman kecil atau besar
Matius 8:10-12 
Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikutiNya: 
“ Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel. 
Kualitas iman yang ketiga adalah iman kecil atau besar. Mungkin beberapa dari Anda memiliki kualitas iman yang ketiga ini. Bukan berarti ketika Anda sudah mengikut Tuhan, Anda memiliki iman yang besar. Iman bukan timbul ketika Anda melayani di gereja, makan semeja dengan seorang pendeta, ataupun menjadi istri seorang pendeta. Namun, iman timbul dari pendengaran akan firman Tuhan. Siapapun Anda, Anda bisa memiliki iman yang besar. 

#Kekurangan iman / Berlimpah dalam iman 
1 Tesalonika 3:10 : Siang malam kami berdoa sungguh-sungguh, supaya kita bertemu muka dengan muka dan menambahkan apa yang masih kurang pada imanmu. 
Kualitas iman yang terakhir adalah kekurangan iman atau berlimpah dalam iman. Setelah Anda memiliki iman, Anda perlu mengasah dan menambahkannya. Dengan cara apa ? Dengan menambahkannya melalui Doa dan firman Tuhan. Banyak orang yang memiliki kualitas iman seperti ini. Kekurangan iman disebabkan karena kurangnya pengenalan akan Tuhan. 

Yang terpenting dalam kualitas iman adalah menerapkannya dalam tindakan. Jika iman tidak disertai dengan perbuatan, Anda tidak akan bisa melihat hasil dari iman, yaitu kemurahan Tuhan. 

Sumber : Buku Kuasa Menuju Sukses Sejati I jawaban.com by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami