Kemenangan Yang Mengalahkan Dunia: Iman Kita
Sumber: www.yhs.net

Kata Alkitab / 14 January 2015

Kalangan Sendiri

Kemenangan Yang Mengalahkan Dunia: Iman Kita

Tiurma Ida Purba Official Writer
13249

Masih ingat dengan Sarah istri Abraham yang mandul. Apa yang membuat Sarah bisa memiliki anak? Padahal kondisi Sarah saat itu mandul. Dalam keadaan yang tidak mungkin pun, Tuhan berjanji memberikan seorang anak laki-laki kepada Abraham. Adakah dasar Abraham dan Sarah untuk berharap?

Bukan hanya mempunyai anak laki-laki, bahkan Tuhan akan menjadikan Abraham bapa dari suku-suku bangsa. Hal ini sangat mustahil terjadi karena kondisi Abraham dan Sarah sudah sangat tua untuk mendapatkan seorang anak. Namun, apakah yang terlalu sulit bagi Tuhan. Dia dapat melakukan apa saja. Apakah sebenarnya rahasia Abraham untuk mendapatkan anak?

Abraham memiliki kepercayaan penuh kepada Tuhan. Kepercayaan yang tidak hanya sekedar percaya, namun Abraham memiliki iman. Iman Abraham sangat luar biasa. Meskipun dalam keadaan yang tidak mungkin, tetapi Abraham sangat percaya kepada Allah.

Apa sesungguhnya dasar-dasar iman ?

Ibrani 11 : 6

Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.

Dasar iman sesungguhnya adalah mempercayai keberadaan Allah dan percaya bahwa Tuhan membedakan orang yang percaya kepadanya dengan yang tidak percaya kepadanya.

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. ( Ibrani 11:1)

Dengan mengetahui arti iman yang sesungguhnya maka anda dapat mengetahui karakter iman. Karakter iman yaitu : Jaminan / Kepercayaan Diri. Ketika Joe keluar dari kelas setelah mengerjakan ujian, dia berkata kepada temannya bahwa : “ Saya berharap nilai ujian saya mendapatkan hasil yang memuaskan”. Ungkapan yang dikatakan Joe bukan dari sebuah iman, tetapi masih pengharapan. Tetapi temannya Joe yang bernama Jelly berkata: “ Saya yakin dan percaya hasil ujian saya sangat memuaskan”. Inilah sesungguhnya ungkapan dari sebuah iman. Jelly memperoleh percaya diri. Ingatlah bahwa Iman tidak memberi ruang bagi hasil apapun selain hasil yang Tuhan sudah janjikan kepada anak-anakNya yang percaya kepadanya. 

Lalu bagaimana agar bisa mendapatkan iman?

Apakah anda tahu bagaimana cara mendapatkan iman? Iman hanya memiliki satu sumber yaitu Firman Tuhan. “ Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristus”. (Roma 10:17).

Ketika anda membaca Firman Tuhan, maka anda akan mengetahui apa saja janji-janji Tuhan. Dengan mengetahui setiap janji-janji Tuhan maka akan membangkitkan iman anda kepada Tuhan. Anda tidak bisa mengundang hamba Tuhan untuk menumpangkan tangan agar anda memiliki iman. Ingatlah bahwa iman hanya timbul ketika anda membaca Firman Tuhan. Ketika anda sudah membacanya, anda bisa berdoa dan mempercayainya.

Jadi, apakah anda akan menunda-nunda untuk memperoleh Iman Kristus? Anda dapat memulainya saat ini juga dengan membaca alkitab. Catat baik-baik apa yang Tuhan katakan dan percayalah bahwa setiap janjiNya akan digenapi dalam hidup anda. Namun satu hal yang paling penting adalah anda juga harus bertindak. Ketika anda percaya bahwa akan turun hujan, yang harus anda lakukan adalah membawa jas hujan atau payung. Ayo, Kalahkan Dunia Dengan Iman Kita. 

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami