Share this article :

Titanoboa, Ular Terbesar Di Dunia Saat Ini

 Sat February 7th, 2009
 12051

Satu lagi penemuan terbesar fosil monster prasejarah ditemukan oleh beberapa ilmuwan di wilayah tropis Cerrejon, Kolombia. Fosil monster terbesar ini diduga sebagai ular terbesar di dunia yang pernah hidup di bumi. Ular ini dinamai Titanoboa cerrejonensis. Ular yang diperkirakan memiliki berat lebih dari 1 ton dan panjang hampir 14 meter ini diduga oleh beberapa ilmuwan hidup sekitar 58-60 juta tahun lalu.

Seorang Ahli geologi, David Polly memperkirakan ukuran dan bobot Titanoboa berdasarkan posisi fosilnya.

"Ukuran ular itu sungguh besar sekali. Namun, tim peneliti masih memikirkan seberapa besar panas bumi dibutuhkan untuk menghangatkan tubuh ular sebesar itu."

Jonathan Bloch, Ahli Paleontologi yang ikut dalam ekspedisi ini mengungkapkan bahwa ular-ular yang sangat besar ini mengundang imajinasi, tetapi fakta yang ada telah melampaui fantasi yang ada di Hollywood sekalipun,

"Ular yang mencoba mencaplok Jennifer Lopez di film Anaconda tidak sebesar ular yang kami temukan," kata Bloch. Berdasarkan ukuran ular itu, Bloch menjelaskan, tim ilmuwan dapat menghitung temperatur tahunan rata-rata di garis khatulistiwa Amerika Selatan 60 juta tahun lalu mencapai sekitar 33 derajat celcius, sekitar 10 derajat lebih hangat dibandingkan saat ini

Menurut Nature.com,, ular adalah jenis hewan poikilotherms (berdarah dingin) yang memerlukan panas dari lingkungan mereka merayap untuk membangkitkan metabolisme. Oleh karena itu, ilmuwan dapat memperkirakan ular raksasa itu hidup di ekosistem tropis Amerika Selatan dengan temperatur sekitar 33 derajat celcius.

Ular Titanoboa ini diperkirakan berkembang di Negara-negara Amerika Selatan & Asia Tenggara yang notabene adalah wilayah tropis karena memiliki kesamaan dengan ukuran tubuh.

Sungguh Allah kita adalah Allah yang luar biasa. Bukan begitu???

Sumber : kompas.com/bm

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :