Mau Investasi di Apartemen? Ini Cara Pilih Yang Potensial

Investment / 13 February 2013

Kalangan Sendiri

Mau Investasi di Apartemen? Ini Cara Pilih Yang Potensial

Puji Astuti Official Writer
9985

Memiliki rumah sendiri masih menjadi impian banyak masyarakat Indonesia. Selain itu rumah dan tanah menjadi salah satu investasi yang cukup menjanjikan dalam jangka panjang. Ketika mendapatkan tawaran tentang apartemen, beberapa orang berpikir hal tersebut masih terlalu mahal dan resikonya pun cukup besar. Hal itu menimbulan pertanyaan “Apakah apartemen adalah investasi yang menguntungkan?”

Jika saat ini apartemen masih terbilang mahal, kedepannya akan muncul banyak rumah susun yang cukup terjangkau dengan label apartemen. Salah satu wilayah yang akan menjadi lokasi menjamurnya apartemen selain DKI Jakarta adalah wilayah pendukung di sekitar Jakarta seperti Jawa Barat, dan Banten yang berbatasan langsung dengan ibukota dimana banyak pekerja mencari tempat tinggal terdekat dengan akses transportasi terbaik. Untuk itu jika Anda bisa menemukan “apartemen” dengan kriteria berikut ini, maka Anda bisa menjadikannya sebuah alternatif investasi:

1. Lokasi

Kembali lagi kepada masalah lokasi, jika bicara tentang investasi di bidang properti maka lokasi akan menjadi faktor penting dari peningkatan nilai investasi Anda. Untuk itu kenali lokasi-lokasi dari apartemen yang ditawarkan, lakukanlah survei lapangan apakah lokasi apartemen itu sendiri atau wilayah sekitarnya rawan banjir atau bencana lainnya seperti longsong dan sebagainya.

Berkaitan dengan lokasi juga berhubungan dengan akses menuju tempat itu. Apakah tempat itu mudah dicapai, adakah kendaraan umum yang melewati bangunan tersebut, dan juga bagaimana kondisi jalan menuju kesana.

Anda juga perlu melihat kondisi lingkungannya, apakah lokasinya tenang atau tepat disamping jalan tol, jalan raya atau jalur kereta yang bising; kebanyakan orang ingin tempat tinggal yang tenang, dengan akses kendaraan umum yang mudah dan juga adanya penunjang lainnya seperti adanya toko, supermarket atau restoran di dekat apartemen tersebut.

2. Gaya Arsitektural

Jika bicara beli produk, biasanya awal yang kita lihat adalah kemasannya. Di abad 21 ini, kemasan dari properti adalah gaya arsitekturalnya, walau sebenarnya hal itu saat ini banyak yang berupa polesan saja. Namun dengan membeli apartement dengan gaya arsitektural yang menarik, hal itu akan memberi nilai tambah pada investasi Anda.

3. Fasilitas

Saat ini banyak apartemen menawarkan bermacam-macam fasilitas sebagai bonus opsional baik bagi pembeli ataupun penyewanya. Perhatikan seperti fasilitas untuk parkir, lift, keamanan, dan juga fasilitas olahraga seperti gym, kolam renang. Fasilitas ini nantinya akan menjadi nilai tambah saat ada yang menyewa apartemen tersebut.

4. Pemandangan

Tahukah Anda bahwa apartemen dengan pemandangan yang bagus sekalipun berukuran studio bisa memiliki harga jual yang lebih bagus daripada apartemen yang berukuran lebih besar namun pemandangannya terhalang oleh tembok dari bangunan lain? Selain pemandangan dari jendela atau balkon, Anda juga harus pastikan pencahayaan dari sinar matahari yang masuk. Pemandangan ke arah danau atau pantai ataupun kearah perbukitan akan menjadi nilai plus tersendiri.

5. Layout

Kadang kita berpikir apartemen tipe studio akan sangat kotak dan tidak menarik, tetapi jika layout-nya atau tata letaknya tepat maka ruangan tersebut dapat sangat nyaman dan terlihat indah. Jika Anda membeli apartemen dalam keadaan kosong mungkin akan sangat fleksibel dalam mengatur layout ruangan. Namun jika sudah all-in, maka perhatikan tata letaknya dan apakah jika melakukan renovasi akan membutuhkan biaya besar atau tidak.

Jika semua point-point diatas sudah sesuai dengan kriteria Anda, maka langkah terakhir sebelum memutuskan untuk membeli adalah memeriksa legalitas dan system kepemilikan apartemen tersebut. Pastikan secara legal dan sistem kepemilikan sesuai dengan harapan Anda. Ingatlah bahwa investasi properti memang menjanjikan keuntungan yang cukup baik, namun tetap saja ada celah-celah yang dapat merugikan kita. Untuk itu pastikan untuk memeriksa setiap hal dengan detail sebelum memutuskan membeli untuk meminimalkan resiko.

Baca juga artikel lainnya :

Hikmat dari Allah

Ketika Sorga Tidak Menarik Lagi

Nikmati Ber-Valentine Ria Bersama Anak

Masa Kecil Tidak Bahagia, Resiko Jantung Di Usia Tua

 

Sumber : MSNBC | Propertyupdate.com.au | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami