Atasi Ketombe Dengan Kenali Makanan Anda
Sumber: letsgohealthy.org

Gizi & Nutrisi / 23 September 2013

Kalangan Sendiri

Atasi Ketombe Dengan Kenali Makanan Anda

Puji Astuti Official Writer
4802

Apakah Anda tahu bahwa ketombe seringkali tidak hanya disebabkan oleh masalah pada kulit kepala saja namun juga bisa disebabkan oleh apa yang kita makan? Mulai dari makanan yang menyebabkan alergi, kekurangan nutrisi dan banyak potensi penyebab dari makanan lainnya. Untuk itu, jika Anda bermasalah dengan ketombe, makanan-makanan ini patut diperhatikan:

1. Konsumsi makanan mengandung zinc/seng

Kulit kepala memiliki kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak (sebum) untuk melindungi kulit kepala dan rambut. Namun sebum yang berlebihan dapat menyebabkan jamur Pityrisporum ovale berkembang subur yang diduga kuat menjadi penyebab ketombe. Sebuah uji klinis menyatakan bahwa senyawa zinc efektif mengendalikan sebum. Seng atau zinc dapat efektif diserap tubuh dengan bantuan vitamin B6, dan zat ini bisa ditemukan dengan mudah pada berbagai makanan seperti kerang, daging merah seperti kambing atau sapi, juga unggas. Walau zinc juga terdapat dalam sayuran, seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan padi-padian, namun tidak bisa dengan mudah diserap oleh tubuh. Salah satu biji-bijian dengan kandungan seng yang mudah diserap tubuh adalah gandum.

2. Kurangi konsumsi gula

Kandungan gula yang terlalu tinggi dalam darah dapat memperparah ketombe. Ketombe seringkali disebabkan oleh ragi Candida, dan gula dapat mempersubur tumbuhnya ragi ini. Selain itu gula juga menguras vitamin B yang menjadi komponen kunci untuk diet anti-ketombe. Selain itu tingkat antioksidan vitamin C dan E dapat dipengaruhi secara negatif oleh asupan gula yang tinggi.

3. Bawang putih, efektif sebagai anti jamur alami

Bawang putih mengandung sebuah zat bernama Alium ketika dicincang atau dihancurkan. Alium ini adalah zat anti-jamur yang efektif. Selain itu bawang putih juga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, bahkan menjadi pencegah kanker yang efektif.

4. Konsumsi makanan kaya dengan vitamin B

Jika ketombe adalah musuh Anda, maka jadikan vitamin B sebagai sahabat Anda. Vitamin B, khususnya vitamin B6 (piridoksin) dan B12 (riboflavin) dapat mengurangi ketombe. Vitamin B dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, daging, unggas, ikan dan beberapa buah serta sayuran.

5. Hindari makanan pemicu alergi

Alergi makanan seperti terhadap susu, kerang atau gandum bisa jadi penyebab ketombe pada beberapa orang. Untuk itu sangat penting mengetahui makanan yang menjadi pemicu alergi Anda. Hindari makanan yang Anda curigai menjadi penyebab alergi, jika dalam waktu dua atau empat minggu ketombe hilang saat Anda tidak mengkonsumsi makanan tersebut, maka kecurigaan Anda benar.

Baca juga artikel lainnya :

5 Mitos yang Dipercaya Sebabkan Rambut Rontok

4 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Kenali Penyebab Kebotakan Pada Pria

Nutrisi Rahasia Untuk Hindarkan Rambut Rontok

Bukan Pria Biasa

Sumber : Healwithfood.org | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami