5  Makanan Yang Dapat Menurunkan

Gizi & Nutrisi / 2 April 2013

Kalangan Sendiri

5 Makanan Yang Dapat Menurunkan "Kolestoral Jahat"

Puji Astuti Official Writer
21680

Dalam aliran darah kita, secara alami terdapat dua jenis kolesterol yaitu LDL ( low-density lipoprotein) yang merupakan kolesterol jahat dan HDL (high-density lipoprotein). LDL yang mengendap dalam jaringan arteri adalah penyebab utama serangan jantung. Dan HDL adalah kolesterol baik yang berfungsi untuk melawan penyumbatan di arteri tersebut.

Penyebab tingginya kolesterol bisa banyak hal, seperti obesitas, merokok, atau jumlah karbon yang tinggi di udara namun juga bisa karena pola makan kita. Untuk itu salah satu cara menurunkan jumlah LDL dalam darah adalah dengan diet yang tepat. Berikut adalah 5 jenis makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

1. Oatmeal atau gandum utuh, dan makanan tinggi serta
Oatmeal atau gandum utuh adalah salah satu makanan yang dapat menurunkan LDL. Serat serupa juga terdapat pada makanan seperti kacang merah, apel, pir, barley dan buah prune.
Konsumsi lima hingga 10 gram makanan berserat atau 1 1/2 cangkir oatmeal. Anda juga bisa mencampurkannya dengan buah seperti pisang.

2. Ikan dan asam lemak omega 3
Makan ikan berlemak ternyata menyehatkan karena mereka mengandung asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan tekanan darah dan menghindarkan dari pembekuan darah. Bagi mereka yang sudah pernah mengalami serangan jantung, minyak ikan atau omega 3 dapat menurunkan serangan mematikan.
The American Heart Association merekomendasikan makan setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu. Ikan yang mengandung Omega 3 yang tinggi adalah : Mackarel, ikan kembuh, ikan trout, ikan hering, sarden, albacre tuna, ikan salmon dan halibut. Ikan tersebut sebaiknya dipanggang untuk menghindari tambahan lemak tidak sehat. Jika Anda tidak suka ikan atau alergi Anda bisa konsumsi biji bunga matahari atau canola oil.

3. Kenari, Almond dan kacang-kacangan lainnya
Kenari, almond dan kacang-kacangan terbukti dapat menurunkan kolesterol dalam darah karena mengandung asam lemak tak jenuh ganda. Bahkan kenari dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat. Disarankan untuk mengkonsumsi segenggam kacang setiap harinya, atua stara dengan 42,5 gram.
Kacang-kacangan lain yang juga baik adalah almond, hazelnut, kaang tanah, pecan, kacang pinus, kacang pistachio dan walnut. Pastikan kacang yang Anda konsumsi tidak asin atau juga dilapisi gula. Karena kacang tinggi kalori, konsumsilah sesuai dengan yang disarankan.

4. Minyak Zaitun
Minyak zaitun mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat menurunkan LDL dan membuat HDL tidak terganggu. Coba konsumsi 2 sendok makan minyak zaitun setiap harinya dalam makanan Anda. Caranya bisa dengan menambahkannya dalam salad, atau menjadi pengganti untuk memoles daging, menumis bumbu. Jika ingin dampak maksimal, pilihlah extra-minyak zaitun atau extra-virgin olive oil.

5. Makanan yang mengandung sterol atau stanol
Sterol atau stanol adalah zat yang berasal dari tumbuhan yang dapat memblokir penyerapan kolesterol. Margarin, jus jeruk dan yogurt yang diberi tambahan sterol dapat mengurangi lDL lebih dari 10 persen. Jumlah sterol tumbuhan yang dibutuhkan untuk itu adalah 2 gram. Tanaman yang mengandung sterol atau stanol tidak mempengaruhi tingkat trigliserida atau HDL.

Makanan yang mengandung sterol:
 Avocado, 1 small   0.13 g
 Corn oil, 1 Tbsp   0.13 g
 Sunflower seeds, 1/4 cup   0.19 g
 Oat bar with plant sterols, 1 bar   0.40 g
 Milk with plant sterols, 8 oz   0.40 g
 Lifetime Low-Fat Cheese Singles, 1 slice (2/3 oz)  0.40 g
 Carazonas Tortilla Chips, 10 chips  0.40 g
 Nature Valley Healthy Heart Honey Nut Bar, 1 bar  0.40 g
 Thomas’ Hearty Grains Oatmeal & Honey English Muffin, 1      0.40 g
 CocoaVia Chocolate Covered Almonds, 13 almonds      0.70 g
 CocoaVia Snack Bar, 1 bar      0.90 g
 Orange juice with plant sterols, 1 cup      1.00 g
 Vegetable oil spread with plant sterols, 1 Tbsp   1.00 g
 Right Direction Chocolate Chip Cookies, 1 cookie     1.30 g
Fruit and yogurt flavored drink with plant sterols, 3.4 oz bottle      2.00 g

Selain makanan sehat, kembali lagi pola hidup yang sehat seperti tidak merokok dan berolahraga juga sangat penting untuk menentukan tingkat kolesterol dalam tubuh. Jadi, mari hidup sehat ya..

Baca juga artikel lainnya : 

Ayo Santap Ayam Bakar Non Kolesterol

Kisah Nyata Hitamnya Ilmu Gaib Leila Abigail

Wanita Pertama Yang Melihat Yesus Bangkit

Cara Didik Anak Meski Tinggal Berjauhan

Kunci Sukses Mengelola Keuangan dan Bebas Dari Rentenir!

Sumber : Berbagai sumber : Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami