Hari 26: Setiap Godaan Adalah Kesempatan untuk Melakukan Kebaikan
Kalangan Sendiri

Hari 26: Setiap Godaan Adalah Kesempatan untuk Melakukan Kebaikan

Lori Official Writer
      1216

Selamat pagi, saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus. Di hari kedua puluh enam dari renungan kita, kita diajak untuk memahami godaan dalam cahaya yang berbeda: Setiap godaan adalah kesempatan untuk melakukan kebaikan.

 

Ayat Renungan: Yakobus 1:12 - "Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia."

Ayat ini menunjukkan bahwa tahan terhadap godaan bukan hanya membawa kita keluar dari sesuatu yang negatif, tetapi juga membawa kita menuju pahala abadi yang Allah janjikan untuk kita yang bertahan dan mengasihi Dia.

 

Pertanyaan Renungan: Karakter Kristus yang seperti apa yang bisa saya kembangkan saat saya menghadapi godaan?

Anda telah menggambarkan bagaimana Anda sering terluka ketika orang yang Anda percayai berbicara buruk tentang Anda di belakang Anda, dan bagaimana hal ini menjadi sumber godaan untuk marah dan memutuskan hubungan. Namun, Anda juga telah menggambarkan bagaimana Anda berusaha untuk mengatasi godaan ini dengan cara yang Kristus ajarkan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat membantu dalam pengembangan karakter Kristus saat menghadapi godaan:

Curhat kepada Tuhan: Membawa perasaan Anda kepada Tuhan dalam doa adalah cara yang efektif untuk menangani emosi negatif. Hal ini membantu Anda mempertahankan perspektif spiritual dan mendapatkan kekuatan dari sumber yang lebih tinggi.

Berusaha Bersyukur dan Mencari Kebenaran: Alih-alih merespon secara instinktif dengan kemarahan, mencoba untuk mengidentifikasi jika ada kebenaran dalam kritik tersebut dan apa yang bisa Anda pelajari dari situasi itu, membantu Anda tumbuh secara pribadi dan rohani.

Introspeksi dan Perubahan: Memeriksa diri sendiri dan bersikap terbuka untuk perubahan adalah langkah penting dalam pertumbuhan karakter. Pertanyaan seperti "Apakah kritik ini valid?" dan "Apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki?" adalah bagian dari tumbuh menjadi serupa dengan Kristus.

Memaafkan dan Melanjutkan Hubungan: Pengampunan adalah inti dari ajaran Kristus. Memaafkan mereka yang telah menyakiti Anda dan berusaha untuk menjaga atau memperbaiki hubungan menunjukkan kekuatan karakter dan kedewasaan spiritual yang besar.

Saudara-saudari yang terkasih, menghadapi godaan dengan cara yang memuliakan Tuhan adalah tantangan yang juga membawa banyak peluang untuk bertumbuh. Semoga renungan hari ini memberi Anda keberanian dan kebijaksanaan untuk mengatasi setiap rintangan dengan cara yang memperdalam iman dan karakter Anda dalam Kristus. Teruslah berjalan di jalan yang mengarah kepada kehidupan yang penuh dan abadi yang dijanjikan Tuhan kepada kita semua. Tuhan memberkati upaya Anda untuk hidup dalam kebenaran dan kasih.

 

© Nely Hergendi, diinspirasi dari buku The Purpose of Driven Life

Ikuti Kami