Peduli Lingkungan, Anggota Pemuda GSJA Kumpulkan Sampah Plastik di Lereng Gunung Merbabu
Sumber: Solopos

News / 19 June 2024

Kalangan Sendiri

Peduli Lingkungan, Anggota Pemuda GSJA Kumpulkan Sampah Plastik di Lereng Gunung Merbabu

Aprita L Ekanaru Official Writer
1841

Apakah Anda pernah membayangkan sekumpulan pemuda yang tidak hanya memperdalam iman tetapi juga beraksi nyata untuk lingkungan? Itulah yang terjadi di Desa Jeruk, Kecamatan Selo, Boyolali, saat 360 pemuda Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) se-Jawa Tengah mengadakan Youth Camp pada 17-18 Juni 2024.

Youth Camp ini bukan sekadar pertemuan rohani biasa. Selasa pagi hingga siang, para pemuda GSJA melakukan aksi bersih-bersih di lereng Gunung Merbabu, mengumpulkan sampah plastik yang sulit terurai. Pdt. Krishandrika Immanuel Raharjo, Ketua Departemen Kaum Muda Daerah 1 Jawa Tengah, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen GSJA untuk selalu peduli terhadap lingkungan dalam setiap kegiatan mereka. "Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh dan berdampak luas pada masyarakat, terutama dalam hal menjaga kebersihan lingkungan," ujar Pdt. Krishandrika.

Acara Youth Camp kali ini juga mengandung unsur sosial yang kuat. Para peserta, yang berasal dari berbagai kota di Jawa Tengah seperti Solo, Klaten, Boyolali, Semarang, Pati, dan Ungaran, tidak hanya menginap di rumah warga, tetapi juga berinteraksi dan membantu membersihkan lokasi sekitar tempat mereka menginap. Dionysius Edwin Budiyono, Ketua Panitia Youth Camp GSJA Jateng, menjelaskan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara peserta dan masyarakat setempat. "Kami berharap peserta dapat bersosialisasi dengan warga dan mendukung pariwisata lokal," kata Dion.

Toleransi dan kerukunan juga terlihat jelas selama acara ini berlangsung. Salah satu warga Jeruk, Istiningsih, mengungkapkan bahwa warga setempat, baik yang beragama Islam maupun nonmuslim, turut membantu mempersiapkan makanan untuk para peserta Youth Camp. "Kami berharap dari dapur ini bisa menimbulkan kerukunan beragama dan kebersamaan," kata Istiningsih.

Dengan semangat kebersamaan, para pemuda GSJA tidak hanya memperdalam iman mereka, tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Acara ini membuktikan bahwa kepedulian terhadap lingkungan dan sesama dapat berjalan beriringan dengan pertumbuhan rohani. Melalui Youth Camp ini, para pemuda GSJA menunjukkan bahwa iman yang kuat harus disertai dengan tindakan nyata dalam menjaga dan merawat bumi yang kita tinggali.

 

BACAAN TERKAIT:

Pandangan Kekristenan Terhadap Kebersihan Lingkungan

Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan, Apa Kata Alktiab Tentang Kebersihan Lingkungan?

Sumber : Solopos | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami