Makan Karbohidrat Tanpa Takut Gemuk, Gimana Caranya?
Sumber: Canva.com

Health / 14 June 2024

Kalangan Sendiri

Makan Karbohidrat Tanpa Takut Gemuk, Gimana Caranya?

Aprita L Ekanaru Official Writer
515

Banyak yang percaya bahwa menghindari karbohidrat adalah cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, benarkah demikian? Apakah mungkin menikmati karbohidrat tanpa khawatir berat badan bertambah?

 

Cara Makan Karbo Tanpa Gemuk


1. Jangan Makan Telanjang

Maksudnya, karbohidratnya, bukan yang makan. Menu tinggi karbohidrat yang dimakan tanpa nutrisi lain (naked carbs) dapat meningkatkan gula darah dan insulin secara drastis, yang berdampak membuat Anda mudah gemuk. Misalnya, makan roti dengan selai buah, oatmeal dengan pisang, atau kentang dengan saus sambal. Solusinya, makan karbohidrat Anda dengan sayuran, lemak baik, atau protein yang diproses dengan baik pula, bukan ayam crispy.

2. Retrogradasi

Tidak perlu khawatir, namanya tidak serumit caranya. Teknik retrogradasi adalah menyimpan sumber karbohidrat seperti nasi, kentang, atau jagung di dalam lemari es selama minimal satu malam atau 24 jam. Proses retrogradasi ini dapat mengurangi jumlah karbohidrat yang diserap oleh tubuh dengan cara mengubah zat pati yang mudah diserap menjadi zat pati resisten (resistant starch) yang tidak dapat diserap oleh tubuh. Anda tidak harus memakannya dalam kondisi dingin. Anda bisa menghangatkannya lagi dan tetap mendapatkan efek retrogradasi ini.

3. Cari Teman Makan

Jika Anda merasa cara pertama dan kedua masih rumit, mungkin mencari teman makan adalah cara yang lebih praktis dan cukup efektif. Apalagi jika teman yang diajak juga doyan makan. Ada kata bijak yang mengatakan, "kalau ada rejeki jangan lupa berbagi." Ini juga berlaku untuk Anda yang pecinta mi, dessert, martabak, kue kering, dan teman-temannya. Ingat, berbagi itu indah plus dapat pahala.

 

Jadi, Apakah Dengan Semua Cara Itu Bisa Makan Bebas?


Tentu saja tidak. Semua tips ini akan efektif selama Anda makan dengan porsi yang wajar. Jumlah yang berlebihan akan berpengaruh pada kesehatan, terutama efek gula darah dan insulin. Bagi Anda yang merasa memiliki kebutuhan khusus atau masalah kesehatan, jangan lupa konsultasikan dulu ke dokter. Ingat, yang baik untuk orang lain belum tentu baik untuk Anda.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda bisa menikmati karbohidrat tanpa perlu khawatir menambah berat badan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

BACAAN TERKAIT:

Kenali 5 Tanda Metabolisme yang Tidak Sehat

Lebih dari Sekadar Olahraga, Inilah 5 Cara Bakar Lemak Secara Efektif

Sumber : Dr Hans Kristian Pranoto, CSN, PN1 | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami