Apa Gejala Pertama Demam Berdarah (DBD)?
Sumber: canva.com

Health / 28 May 2024

Kalangan Sendiri

Apa Gejala Pertama Demam Berdarah (DBD)?

Jery Patampang Official Writer
841

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Penyakit ini umumnya terjadi di daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada tahun 2023, tercatat 114.720 kasus demam berdarah dengan jumlah kematian mencapai 894 kasus. 

Mengingat bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit ini, sangat penting bagi kita untuk mengenali gejala awal DBD agar dapat segera mengambil tindakan yang tepat.

Gejala Awal Demam Berdarah

Gejala awal demam berdarah sering kali mirip dengan penyakit lainnya, seperti flu, sehingga sulit dideteksi. Berikut adalah beberapa gejala awal yang perlu diwaspadai:

1. Demam Tinggi 

Demam tinggi mendadak hingga mencapai 40°C merupakan gejala utama DBD. Demam ini biasanya berlangsung selama 2-7 hari dan dapat disertai dengan menggigil.

 

BACA JUGA : Biar Cepet Pulih dari DBD, Ini Jenis-jenis Makanan Yang Perlu Anda Konsumsi dan Hindari

 

2. Sakit Kepala

Sakit kepala parah, terutama di sekitar dahi, sering dialami oleh penderita DBD. Rasa sakit juga dapat dirasakan di belakang mata, yang menyebabkan mata tampak kemerahan.

3. Nyeri Otot dan Sendi

Penderita DBD umumnya mengalami nyeri pada otot, tulang, dan sendi. Nyeri ini bisa sangat hebat sehingga menyebabkan tubuh terasa lemas.

4. Mual dan Muntah 

Gejala mual dan muntah sering muncul pada hari ke-2 hingga ke-7 setelah terinfeksi virus dengue. Hal ini dapat mengurangi nafsu makan dan menyebabkan tubuh lemah.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA  

Sumber : Halodoc.com, Mitrakeluarga.com, Alodokter.com, Siloamhospitals
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami