Hari 27: Selalu Ada Jalan Keluar
Kalangan Sendiri

Hari 27: Selalu Ada Jalan Keluar

Lori Official Writer
      1484

Selamat pagi, saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus. Di hari kedua puluh tujuh dari renungan kita, kita diingatkan tentang sebuah kebenaran yang memberi kita harapan dan kekuatan: Selalu ada jalan keluar.

 

Ayat Renungan: 1 Korintus 10:13b (TB) - "Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu."

Ayat ini mengingatkan kita bahwa tidak ada pencobaan yang terlalu besar untuk diatasi karena Allah menjanjikan untuk tidak membiarkan kita menghadapi lebih dari yang kita mampu. Lebih lanjut, Dia menjanjikan untuk menyediakan jalan keluar sehingga kita bisa bertahan.

 

Pertanyaan Renungan: Siapa yang bisa saya minta untuk menjadi partner spiritual untuk membantu saya berdoa dalam mengalahkan pencobaan?

Mencari seorang partner spiritual adalah langkah bijak dalam memperkuat diri kita menghadapi pencobaan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda dalam memilih dan meminta bantuan seorang partner doa:

Identifikasi Teman Doa: Pikirkan tentang teman doa pagi atau anggota komunitas gereja yang Anda percayai dan yang memiliki kedewasaan spiritual. Orang yang sudah memiliki pengalaman dalam berdoa secara konsisten dan yang Anda rasa memiliki hubungan yang kuat dengan Tuhan.

Pendekatan Personal: Setelah memilih seorang teman, mendekatilah mereka secara pribadi—bisa melalui percakapan tatap muka, telepon, atau bahkan pesan teks—dan jelaskan situasi Anda dengan jujur. Sampaikan bahwa Anda mencari dukungan doa dalam menghadapi pencobaan.

Diskusikan Kebutuhan Doa Anda: Berikan gambaran umum tentang jenis pencobaan yang Anda alami dan bagaimana Anda ingin mereka membantu Anda dalam doa. Pastikan untuk menjaga privasi dan sensitivitas topik yang Anda bagikan.

Atur Jadwal Doa Bersama: Sesuaikan waktu yang baik untuk berdua atau lebih sering berdoa bersama, bisa secara tatap muka, melalui telepon, atau doa online. Konsistensi dalam doa bersama dapat membangun dukungan spiritual yang kuat.

Terima dan Beri Dukungan: Ingat bahwa hubungan spiritual ini adalah jalur dua arah. Bersedia juga untuk mendukung partner doa Anda dalam perjalanan rohani mereka.

Saudara-saudari yang terkasih, dengan memiliki partner doa, Anda tidak hanya mendapatkan dukungan dalam menghadapi pencobaan tetapi juga memperkuat hubungan Anda dengan komunitas iman. Semoga langkah ini membawa pertumbuhan dan kekuatan baru dalam perjalanan rohani Anda, dan ingatlah bahwa Anda tidak sendirian dalam menghadapi tantangan hidup ini.

 

© Nely Hergendi, diinspirasi dari buku The Purpose of Driven Life

Ikuti Kami