Kenapa Wanita Rentan Alami Masalah Tiroid?
Sumber: canva.com

Health / 15 May 2024

Kalangan Sendiri

Kenapa Wanita Rentan Alami Masalah Tiroid?

Jery Patampang Official Writer
470

Penyakit tiroid adalah masalah kesehatan yang terjadi ketika hormon tiroid dalam tubuh tidak seimbang. Kondisi ini bisa muncul karena kelenjar tiroid kurang aktif (hipotiroid) atau terlalu aktif (hipertiroid). Kelenjar tiroid berbentuk seperti kupu-kupu dan terletak di depan leher.

Ketika produksi hormon tiroid terganggu, metabolisme tubuh juga ikut terganggu. Salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi ini adalah jenis kelamin. 

Wanita memiliki risiko 5-8 kali lebih besar mengidap penyakit tiroid dibandingkan pria. Mengapa demikian?

Alasan Wanita Lebih Rentan Terkena Penyakit Tiroid

Wanita lebih rentan terhadap penyakit tiroid karena kinerja kelenjar tiroid sangat dipengaruhi oleh hormon estrogen. 

Penelitian menunjukkan bahwa satu dari delapan wanita mengalami masalah dengan kelenjar tiroid. Selain itu, wanita dengan kondisi berikut ini lebih rentan mengidap penyakit tiroid:

- Penyakit Graves: Gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan produksi hormon tiroid berlebih.

- Penyakit Hashimoto: Peradangan pada kelenjar tiroid karena sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel tiroid yang sehat.

- Penyakit Gondok: Pembengkakan kelenjar tiroid di leher.

- Penyakit Anemia: Kekurangan sel darah merah.

- Penyakit Diabetes Tipe 1: Penyakit dengan kadar gula darah tinggi.

- Riwayat operasi atau radioterapi: Prosedur untuk mengobati penyakit tiroid.

Jika Anda memiliki salah satu atau lebih faktor risiko ini, segera konsultasikan dengan dokter di rumah sakit terdekat untuk memeriksakan kadar hormon tiroid dalam tubuh, terutama jika Anda sedang merencanakan kehamilan atau sedang hamil. Penyakit tiroid bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya pada wanita hamil.

Penyakit tiroid adalah masalah kesehatan serius yang sering diabaikan, terutama oleh wanita. Karena risiko yang lebih tinggi, penting bagi wanita untuk memperhatikan gejala dan faktor risiko yang ada. 

Jangan tunda untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami tanda-tanda gangguan tiroid. Penanganan dini dapat mencegah komplikasi dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Sumber : Halodoc, Redcliffelabs
Halaman :
1

Ikuti Kami