Pentakosta Berhubungan Dengan Perayaan Yahudi?
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 14 May 2024

Kalangan Sendiri

Pentakosta Berhubungan Dengan Perayaan Yahudi?

Puji Astuti Official Writer
1449

Banyak gereja melakukan doa selama 10 hari menjelang hari Pentakosta, tapi tahukah Anda bahwa ternyata hari Pentakosta itu adalah nama perayaan orang Yahudi? Apa fakta dan sejarah hari Pentakosta? Mari kita temukan jawabannya di Fakta Alkitab kali ini. 

Apa Arti Kata Pentakosta

Dalam tradisi Kristen, Pentakosta dirayakan pada hari kelima puluh setelah Paskah, yang memperingati kebangkitan Yesus Kristus. Nama "Pentakosta" sendiri berasal dari kata Yunani "PentÄ“kostÄ“" yang berarti "kelima puluh". 

Pentakosta dalam iman Kristen merujuk pada peristiwa pencurahan Roh Kudus kepada para rasul dan murid Yesus Kristus, seperti yang dicatat dalam Kisah Para Rasul 2:1-4. Pada hari itu, Roh Kudus turun ke atas para murid, memberikan mereka kemampuan untuk berbicara dalam berbagai bahasa dan memberitakan Injil kepada orang-orang dari berbagai bangsa yang berada di Yerusalem. 

Mengapa Saat Kejadian Pentakosta Ada Banyak Orang Yahudi Dari Berbagai Bangsa? 

Saat peristiwa ini terjadi, bersamaan dengan perayaan Shavuot yang memperingati peristiwa pemberian Taurat kepada Musa di Gunung Sinai. Hal ini menjadikan Shavuot sebagai perayaan yang sangat penting bagi orang Yahudi. 

Shavuot, yang dalam bahasa Ibrani berarti "minggu-minggu", dirayakan pada hari kelima puluh setelah Paskah (Pesach). Ini menandai akhir dari periode tujuh minggu yang disebut "Counting of the Omer", sebuah praktik penghitungan harian dari hari kedua Paskah hingga Shavuot. Oleh karena itu, pada saat peristiwa pencurahaan Roh Kudus terjadi diaspora Yahudi dari berbagai daerah dan bangsa sedang berziarah ke Yerusalem.  

Dimana Terjadinya Pentakosta? 

Dalam Kisah Para Rasul 2:5-6 dinyatakan bahwa peristiwa itu terjadi Yerusalem. Para ahli memperkirakan bahwa saat itu para Rasul dan murid-murid berkumpul di rumah yang berada di dekat Bait Allah, sehingga saat para Rasul bersaksi dengan berbagai bahasa dalam kuasa Roh Kudus orang banyak terkesima dan ada 3000 orang bertobat.  

Mengapa orang Kristen Berdoa Menjelang Perayaan Pentakosta? 

Setelah kenaikan Tuhan Yesus, para murid mentaati perintah-Nya untuk tetap tinggal di Yerusalem hingga mereka diperlengkapi oleh kuasa Roh Kudus (Lukas 24:49; Kisah Para Rasul 1:8). Setelah itu dicatat dalam Kisah Para Rasul 1: 12-14 mereka bertekun setiap hari berdoa di ruang atas sebuah rumah di Yerusalem.  

Peristiwa inilah yang dilestarikan oleh gereja mula-mula hingga saat ini, menjadi saat-saat dimana umat percaya berdoa dan memohon kepada Tuhan untuk dipenuhi oleh kuasa Roh Kudus sehingga kita diperlengkapi  untuk menjadi saksi-saksi Tuhan Yesus Kristus dalam memberitakan Injil.  

Setelah mengetahui Fakta Alkitab tentang perayaan Pentakosta di atas, apakah  ada aspek dari perayaan ini yang ingin Anda pelajari lebih lanjut dan ingin dibahas oleh Fakta Alkitab? Kami sangat tertarik mendengar pemikiran Anda, sampaikan  di kolom komentar.

BACA JUGA: 

Mengapa Umat Kristiani Merayakan Hari Pentakosta? 5 Hal Luar Biasa yang Wajib Diketahui

Siapakah Roh Kudus dan Mengapa Tuhan Mengutus-Nya untuk Kita?

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami