Tema Hari Pendidikan Nasional
Sumber: canva.com

News / 2 May 2024

Kalangan Sendiri

Tema Hari Pendidikan Nasional

Jery Patampang Official Writer
580

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei, merupakan momen untuk mengenang jasa para pahlawan pendidikan, khususnya Ki Hajar Dewantara, dan merefleksikan kembali pentingnya pendidikan bagi bangsa dan negara Indonesia.

Tema tahun ini adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar.”

Dalam Surat Edaran dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI dengan nomor 11911/MPK.A/TU.02.03/2024 yang mengatur acara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini.


Logo Hardiknas 2024 sarat makna:

- Bintang: Melambangkan semangat Hardiknas yang sejalan dengan tujuan pemerintah untuk membentuk generasi Indonesia yang cerdas dan berakhlak. Garisnya yang fleksibel mencerminkan semangat adaptasi dan ketangguhan dalam menghadapi perubahan zaman.

- Keceriaan: Menggambarkan suasana pendidikan di Indonesia yang penuh keceriaan, antusiasme, serta semangat gotong royong dan partisipasi masyarakat.

- Pena: Melambangkan proses pendidikan sebagai penciptaan karya besar yang membutuhkan perpaduan holistik antara kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual.

Lebih dari sekadar hari libur, Hardiknas menjadi momen untuk menguatkan komitmen dalam membangun pendidikan Indonesia yang lebih berkualitas dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Semangat ini sejalan dengan ajaran Alkitab yang menekankan pentingnya ilmu pengetahuan dan pendidikan dalam kehidupan manusia.

Amsal 1:5: "Orang bijak mendengar dan menambah pengetahuannya, dan orang yang berpengertian memperoleh bimbingan."

Marilah kita jadikan Hari Pendidikan Nasional sebagai momentum untuk terus belajar, berkarya, dan berkontribusi dalam memajukan pendidikan Indonesia. Dengan semangat "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar", kita wujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang cerdas, berkarakter, dan berkemajuan

Halaman :
1

Ikuti Kami