Deteksi Dini Kanker Serviks, Kenali Gejalanya...
Sumber: Canva.com

Health / 1 May 2024

Kalangan Sendiri

Deteksi Dini Kanker Serviks, Kenali Gejalanya...

Aprita L Ekanaru Official Writer
661

Kanker serviks, sering kali tanpa gejala pada tahap awalnya, merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi di Indonesia. Namun, memahami ciri-cirinya adalah langkah krusial untuk mendeteksi penyakit ini sedini mungkin. Berikut adalah beberapa tanda yang perlu diwaspadai:

1. Perdarahan Vagina yang Tidak Normal

Salah satu gejala kanker serviks yang paling umum adalah perdarahan vagina yang tidak biasa. Perdarahan ini dapat terjadi di luar siklus menstruasi normal, termasuk saat berhubungan seksual atau pada wanita yang sudah memasuki masa menopause.

2. Keputihan yang Tidak Biasa

Perubahan pada keputihan, seperti warna, aroma, tekstur, dan konsistensi, juga bisa menjadi tanda kanker serviks. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa keputihan yang tidak normal juga dapat disebabkan oleh faktor lain, sehingga konsultasi dengan dokter diperlukan untuk diagnosis yang akurat.

3. Nyeri Saat Berhubungan Intim

Nyeri panggul saat berhubungan intim bisa menjadi tanda kanker serviks pada stadium lanjut. Meski demikian, gejala ini juga dapat disebabkan oleh kondisi lain seperti endometriosis atau miom, oleh karena itu, pemeriksaan dokter sangat dianjurkan.

4. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Kanker serviks dapat memengaruhi kandung kemih, menyebabkan peningkatan frekuensi buang air kecil dan rasa sakit saat buang air kecil. Namun, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih (ISK), sehingga diagnosis dokter sangat penting.

5. Kelelahan yang Berlebihan

Perdarahan yang tidak normal akibat kanker serviks dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan kekurangan sel darah merah dan rasa lelah yang berlebihan.

Penting untuk diingat bahwa deteksi dini dapat menyelamatkan nyawa. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa dari gejala di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan pemantauan dan perawatan yang tepat, kanker serviks dapat diatasi dengan lebih baik. Mengetahui gejalanya adalah langkah awal yang penting menuju deteksi dini dan kesembuhan.

 

BACAAN TERKAIT:

Dampak Serius Kanker Serviks, Bisa Sebabkan Komplikasi

Kemenkes Beri Vaksin Kanker Serviks Gratis untuk Usia 21-26 Tahun
 

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami