Moms Harus Tahu, Anak Bisa Punya IQ Tinggi dan Tidur Nyenyak Kalau Suka Makan Ikan
Sumber: Canva.com

Parenting / 19 April 2024

Kalangan Sendiri

Moms Harus Tahu, Anak Bisa Punya IQ Tinggi dan Tidur Nyenyak Kalau Suka Makan Ikan

Aprita L Ekanaru Official Writer
610

Ikan bukan hanya makanan lezat, tetapi juga merupakan kunci untuk meningkatkan potensi intelektual dan kualitas tidur anak-anak. Dibalik rasa yang enak, ikan mengandung asam lemak omega-3, seperti DHA dan EPA, yang secara positif memengaruhi perkembangan otak dan pola tidur anak. Inilah mengapa memastikan anak-anak kita mendapatkan cukup asupan ikan adalah langkah penting untuk membantu mereka meraih masa depan yang cerah.

Kecerdasan yang Berkembang 

Kandungan omega-3 dalam ikan memberi kontribusi besar dalam meningkatkan IQ anak. Nutrisi ini memperkuat struktur otak dan mempromosikan kemampuan kognitif seperti konsentrasi dan pemecahan masalah. Studi menegaskan bahwa anak-anak yang rajin mengonsumsi ikan memiliki keunggulan dalam berpikir dibandingkan dengan mereka yang tidak. Oleh karena itu, memberikan ikan dalam menu anak sehari-hari adalah investasi dalam perkembangan kecerdasan mereka.

Tidur yang Nyenyak, Prestasi yang Lebih Tinggi

Selain meningkatkan kecerdasan, konsumsi ikan juga memengaruhi kualitas tidur anak. Asam lemak omega-3 membantu memperbaiki ritme tidur dan meningkatkan produksi hormon melatonin. Sebagai hasilnya, anak-anak cenderung tidur lebih nyenyak dan bangun dengan segar. Tidur yang berkualitas merupakan fondasi penting bagi konsentrasi dan fokus saat belajar di sekolah.

Melalui beberapa penelitian yang mendukung manfaat konsumsi ikan bagi peningkatan IQ dan kualitas tidur anak. Penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu memiliki IQ yang lebih tinggi daripada mereka yang jarang atau tidak mengonsumsi ikan sama sekali. Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sleep juga menemukan bahwa asupan omega-3 dari ikan memiliki hubungan positif dengan tidur yang lebih nyenyak pada anak-anak. Penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi ikan secara teratur dapat membantu meningkatkan IQ anak dan kualitas tidurnya.

 

BACA JUGA: Gangguan Polusi Udara, Bisa Pengaruhi Perilaku Anak, Tahu Nggak Moms?

 

Dengan memperhatikan pentingnya konsumsi ikan bagi IQ dan kualitas tidur anak, adalah tanggung jawab orang tua untuk memastikan bahwa ikan menjadi bagian tak terpisahkan dari pola makan anak-anak. Investasi ini tidak hanya memengaruhi masa kanak-kanak mereka, tetapi juga membentuk pondasi untuk kesuksesan mereka di masa depan. Jadi, mari kita bersama-sama memberikan yang terbaik bagi generasi masa depan dengan memberikan mereka asupan ikan yang cukup.

 

BACAAN TERKAIT:

Moms Harus Tahu, Anak Bisa Punya IQ Tinggi dan Tidur Nyenyak Kalau Suka Makan Ikan

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami