Sulit Bersosialisasi dan Penakut, Kisah Ini Memberikan Perubahan Besar pada Isaac
Sumber: jawaban.com

Family / 15 April 2024

Kalangan Sendiri

Sulit Bersosialisasi dan Penakut, Kisah Ini Memberikan Perubahan Besar pada Isaac

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
429

Isaac (4 tahun), merupakan anak didik di TK Kristen Mentanoia. Sejak awal masuk sekolah Isaac mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dan mudah takut. Setelah ditelusuri, ternyata faktor penyebab dari apa yang dialami oleh Isaac adalah ia mengalami speech delay.  

Ia sudah bergabung dengan PAUD di TK Kristen Metanoia sejak Juli 2023, saat itu kemampuan berbicara Isaac masih seperti anak yang berusia 2,5 tahun. Ibu Isaac melihat keanehan pada Isaac sejak ia berusia 2 tahun, di mana anak tetangga yang seumuran Isaac sudah mampu mengucapkan kalimat dengan jelas. Perbedaan pun semakin terlihat jelas saat Isaac masuk sekolah PAUD.  

BACA JUGA : Viki Alami Kondisi Speech Delay, Ini yang Dilakukan oleh PAUD Yoseba

Melihat keanehan ini, Ibu Isaac akhirnya membawa anaknya untuk mengikuti asesmen di Pusat Layanan Disabilitas (PLD) Kota Blitar dan diagnosa dokter menyatakan bahwa Isaac mengalami keterlambatan bicara atau speech delay. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena kesalahan pola asuh yaitu orang tua kurang memberikan stimulasi berbicara pada anak. Karena Isaac terbiasa hanya menunjuk ketika meminta sesuatu tanpa mengeluarkan suara atau bicara. Akhirnya Isaac menjalani terapi di tempat tersebut selama 3 bulan, namun belum ada perubahan yang signifikan dari terapi yang dijalani Isaac.  

Sampai pada beberapa bulan yang lalu, Isaac masih belum bisa menyampaikan sebuah kalimat penuh. Ia hanya mampu mengucapkan satu atau dua kata. Saat di sekolah pun Isaac masih harus ditemani oleh pengasuhnya saat belajar, jika pengasuhnya menghilang dari pandangan Isaac, ia akan menangis sejadi-jadinya.  

Guru-guru di PAUD juga telah berusaha untuk membimbing Isaac agar ia menjadi anak yang lebih berani dengan cara memotivasi dan menghibur Isaac. Tetapi Isaac masih belum bisa berubah. Hingga akhirnya Isaac mendengar sebuah kisah tayangan Superbook tentang Abraham yang di suruh keluar dari tanah Urkasdim ke tanah Kanaan, bagaimana Allah menyertai perjalanannya sehingga Abraham tidak takut dalam perjalanannya ke Kanaan karena Tuhan yang menyertai dengan sangat baik. Tidak spontan, namun secara perlahan Isaac mau berubah.  

BACA JUGA : Buah Manis dari Ketekunan, Anak Disleksia Bisa Membaca dengan Lancar

“Ada ceritanya tentang bapak Abraham yang diutus Tuhan untuk pergi ke tanah Kanaan. Trus Bpaka Abraham itu tidak takut karena Tuhan selalu menyertai. Itu terekam di memorinya kalau di apa-apa berdoa, kalau minta apa-apa pasti berdoa. Jadi, ya mungkin itu jadi awalnya..dia cerita juga beberapa bagian yang dia inget, dan beberapa hari setelah itu dia udah mau ditinggal oleh pengasuhnya...” ungkap Ibu Martina, orang tua Isaac.  

Bahkan saat ini, setelah 5 bulan di didik di TK Kristen Metanoia kini Isaac banyak mengalami perubahan. Isaac yang dulunya sulit berkomunkasi akhirnya dapat sudah mampu bersosialisasi. Ia semakin menujukkan keberaniannya di sekolah, yang terlihat dari berani dalam menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan guru. Perubahan ini sangat disyukuri oleh orang tua, guru dan nenek Isaac.  

Beri dukungan Anda pada pemuridan Superbook yang dilakukan oleh CBN dalam menyampaikan injil kepada anak-anak dengan cara yang lebih sesuai dengan kehidupan mereka. Klik tombol di bawah ini dan jadilah berkat bagi mereka! 

DONASI SEKARANG!

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami