4 Bukti Kebangkitan Yesus Kristus
Sumber: Canva

Fakta Alkitab / 9 April 2024

Kalangan Sendiri

4 Bukti Kebangkitan Yesus Kristus

Puji Astuti Official Writer
977

Bagi orang Kristen, kematian dan kebangkitan Yesus Kristus menjadi ajaran utama yang menjadi penting dalam iman Kristen. Sebab jika Yesus mati di kayu salib namun tidak pernah bangkit, maka tidak ada penebusan atas dosa dan tidak ada kehidupan yang kekal bagi kita yang percaya kepada-Nya.  

Lalu apa bukti yang diberikan oleh Alkitab bahwa Yesus Kristus yang telah disalibkan dan dikuburkan itu bangkit dan hidup kembali? 

1. Kubur kosong 

Dalam 4 kitab Injil mencatat tentang kubur Yesus yang kosong ketika wanita-wanita datang pada Minggu pagi untuk mengurapi mayat Yesus (Matius 28:1-8; Markus 16:1-8; Lukas 24:1-8; Yohanes 20:11-18). 

2. Para wanita yang berbicara langsung dengan Yesus 

Sebagai saksi-saksi pertama, para wanita-wanita itu tidak hanya melihat secara langsung kubur Yesus yang kosong namun juga bertemu dan berbicara dengan Yesus. Mereka menjadi pembawa kabar baik pertama yang menceritakan bahwa Yesus Kristus telah bangkit dari kematian.  

3. Yesus menampakkan diri kepada ratusan murid-murid-Nya 

Selain kepada para wanita-wanita yang datang di Minggu pagi ke kubur Yesus, setelah kebangkitan-Nya Tuhan Yesus juga menampakkan diri kepada banyak orang. Diantaranya adalah Simon Petrus (Lukas 24:34; 1 Korintus 15:5), dua murid yang menuju Desa Emaus (Lukas 24:13-31), para murid di pantai Galilea (Yohanes 21:1-14; 1 Korintus 15:7), Yesus juga menampakkan diri kepada lebih dari 500 orang murid saat itu (1 Korintus 15:6), dan Yesus menampakkan diri juga kepada Paulus saat di Damsyik yang  kemudian Paulus mengalami kebutaan (Kisah Para Rasul 9: 3-6). 

Salah satu kisah Yesus menampakkan diri yang membuang keraguan banyak orang tentang kebangkitan Yesus adalah tentang Tomas. Dia adalah murid yang menyatakan, “"Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya." (Yohanes 20:25). Namun setelah ia berhadapan dengan Yesus langsung dan diminta untuk mencucukkan jarinya, ia mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan (Yohanes 20:26-31). 

4. Yesus berjalan, makan dan minum setelah kebangkitan-Nya 

Bukti lain bahwa Yesus bangkit dan hidup adalah ketika menampakkan diri kepada para murid-murid-Nya, Ia berjalan, makan dan minum bersama-sama dengan mereka. Saat dengan 2 murid menuju Emaus, Yesus berjalan dan memecahkan roti bersama mereka. Saat di pantai Galilea, Yesus membakar ikan dan makan bersama para murid-Nya. Hanya mahluk hidup yang bisa makan, minum dan melakukan aktifitas.  

BACA JUGA: 

Fakta Alkitab: Mengapa Yesus Tidak Langsung Naik ke Surga Setelah Kebangkitan-Nya?

Mengapa Umat Kristiani Merayakan Hari Pentakosta? 5 Hal Luar Biasa yang Wajib Diketahui

Apakah Anda masih ragu? 

Tidak semua orang bisa mempercayai Yesus yang telah mati dan bangkit untuk menebus dosa umat manusia. Karena untuk mempercayai Tuhan itu adalah anugerah dan karya Roh Kudus, sehingga ketika seseorang bisa mengimani kuasa penebusan-Nya itu adalah sebuah kasih karunia. Seperti yang Yesus katakan kepada Tomas, “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.” (Yohanes 20:29). 

Kematian dan kebangkitan Yesus Kristus adalah bukti bahwa Dia adalah Allah. Dia adalah satu-satunya pribadi yang menyatakan bahwa Diri-Nya adalah jalan menuju Sorga. Bahkan jauh sebelum Yesus menjalani penderitaan-Nya menuju salib, Ia pernah berkata kepada Maria dan Marta bahwa diri-Nya lah kebangkitan dan kehidupan.  

Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?" (Yohanes 11:25-26) 

Saat ini kehidupan kekal itu ditawarkan kepada semua orang, termasuk kepada Anda dan saya. Dan Yesus menanyakan sebuah pertanyaan penting ini, “Maukah kamu percaya kepada-Ku?” 

Jika Anda percaya dan mau mengundang  Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat atau ingin bertanya seputar karya keselamatan yang Yesus lakukan, mari hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Kami dengan senang hati akan berdiskusi dan berdoa bagi Anda.  

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami