Singgih Sahara Diduga Tipu Donatur KitaBisa Hingga Ratusan Juta Rupiah, Ini Detailnya
Sumber: x.com | kitabisacom

News / 20 March 2024

Kalangan Sendiri

Singgih Sahara Diduga Tipu Donatur KitaBisa Hingga Ratusan Juta Rupiah, Ini Detailnya

Claudia Jessica Official Writer
3115

Tindak lanjut dari Kitabisa:

1. Telah menutup galang dana Singgih dan donasi tersisa akan dialihkan ke penerima bantuan lain sesuai syarat dan ketentuan Kitabisa

2. Singgih sudah membuat pernyataaan tertulis untuk mengembalikan selisih donasi di Kitabisa yang tidak dapat dipertanggungjawabkan

3. Kitabisa memberikan opsi Pengembalian Donasi (Refund) untuk donatur galang dana Singgih Shahara.

Kitabisa memiliki kebijakan pengembalian donasi kepada donatur untuk galang dana yang terbukti menyalahi syarat dan ketentuan Kitabisa.

Untuk donatur yang telah berdonasi di halaman galang dana Singgih dan ingin mengajukan pengembalian, silakan cek email atau halaman kabar terbaru untuk teknis pengembalian donasi.

Kami mengapresiasi semua laporan dan partisipasi aktif publik dalam mengawal galang dana yang ada di platform Kitabisa.

Terima kasih sudah bersama menjaga kepercayaan publik dalam berdonasi online dan semoga insiden ini tidak memadamkan semangat kita semua untuk membantu sesama.

Klarifikasi Singgih Sahara dari media sosialnya di X

Gambar: Klarifikasi Singgih Sahara melalui akun media sosialnya di X @singgihsahara

 

Apa yang bisa kita pelajari dari kasus Singgih Sahara?

#1 Sebagai penerima donasi, kita dipercaya untuk mengelola uang donatur dengan amanah

Dari kasus Singgih Sahara ini, banyak donatur mengaku kecewa dengan tindakan Singgih yang tidak amanah dalam mengelola uang yang diterima. Keterbukaan dalam pengelolaan keuangan menjadi hal penting dalam membangun kepercayaan antara donatur dan penerimanya.

Penyelenggara dana harus dapat mempertanggungjawabkan setiap rupiah yang diterima, termasuk menyediakan bukti penggunaan dana.

#2 Verifikasi informasi sebelum memutuskan untuk berdonasi

Sebelum berdonasi, penting bagi donatur untuk memverifikasi klaim yang dibuat oleh penyelenggara. Ini termasuk memastikan bahwa biaya yang diklaim tidak ditanggung oleh pihak lain seperti BPJS.

#3 Waspada terhadap penyalahgunaan

Kasus ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan penyalahgunaan dana donasi untuk kepentingan pribadi, termasuk untuk hal-hal seperti judi online.

#4 Hukum dan Konsekuensi

Pelanggaran dalam penggalangan dana dapat memiliki konsekuensi hukum, dan penting bagi masyarakat untuk menyadari bahwa ada aturan yang mengatur hal ini.

Pelajaran ini mengingatkan kita semua untuk berhati-hati dan bertanggung jawab saat berpartisipasi dalam kegiatan sosial seperti penggalangan dana.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami