Haruskah Orang Tua Libatkan Anak dalam Konflik Rumah Tangga?

Parenting / 13 March 2024

Kalangan Sendiri

Haruskah Orang Tua Libatkan Anak dalam Konflik Rumah Tangga?

Aprita L Ekanaru Official Writer
771

Pasangan ABMJ (istri) dan AW (suami) telah menjadi sorotan media setelah video mereka yang beredar di media sosial. Dugaan perselingkuhan dan pertikaian mengenai hak asuh anak menjadi pusat perhatian publik. Kasus ini mendapat perhatian luas sejak video mereka tersebar di berbagai media sosial, bahkan mencapai media di Singapura dan Malaysia.

AW telah memberikan klarifikasi mengenai tuduhan yang diarahkan kepadanya dan menyangkal telah berselingkuh. ABMJ juga telah memberikan tanggapan terhadap tudingan yang diberikan kepadanya. Namun yang memilukan dari kasus ini adalah nasib dari keempat anak mereka. Menurut laporan terbaru, AW membawa keempat anaknya tersebut ke Malaysia, dan ada kekhawatiran tentang kesejahteraan mereka, terutama bayi yang masih membutuhkan ASI. Belum lagi mereka harus terekspos oleh media karena konflik yang sedang dihadapi oleh kedua orang tuanya. Ada juga informasi bahwa putri sulung mereka pernah mencoba mengakhiri hidupnya karena tekanan yang dihadapi.

Dalam salah satu wawancara di sebuah media, artis sekaligus podcaster Denny Sumargo yang juga sempat mewawancarai ABMJ di podcastnya memberikan statement bahwa, "Saya nggak tahu masalah rumah tangga mereka seperti apa, dan saya tidak tahu siapa yang benar, siapa yang salah. Netizen yang mungkin bisa menilai sendiri. Yang paling pasti masalah mereka itu harus selesai di pengadilan keluarga di Singapura. Setau saya family court, bukan di public court. Sekarang masalahnya dibawa ke public court, jadinya saya meyayangkan sekali. Anak yang tidak perlu hadir, nongol, ngapain gitu loh? This is parents, please stop it! Anak di bawah umur, donn't go there! What ever is that, donn't go there! Karena kalau mau protek anak itu donn't bring it your problem's parents, itu tuh poin gue."

Apakah konflik diantara orang tua harus melibatkan anak-anak di bawah umur? Apa saja dampak yang akan diterima anak-anak yang dilibatkan dalam konflik kedua orang tuanya? 

Dilansir dari berbagai sumber, anak yang mengalami kesulitan emosional karena adanya konfik diantara kedua orang tuanya akan mengalami tanda-tanda meliputi:

  • Perubahan perilaku yang signifikan: Anak mungkin menunjukkan perubahan perilaku yang drastis, seperti menjadi lebih agresif, menarik diri, atau bertingkah laku yang tidak biasa bagi mereka.
  • Perubahan Pola Tidur atau Makan: Anak mungkin mengalami kesulitan tidur atau mengubah pola makan mereka, yang bisa menjadi tanda stres atau kecemasan.
  • Mood yang berfluktuasi: Anak mungkin memiliki suasana hati yang sangat berubah-ubah, dari marah hingga sedih, tanpa alasan yang jelas.
  • Kesulitan dalam belajar: Anak mungkin mengalami penurunan kinerja akademik atau kehilangan minat terhadap sekolah dan kegiatan belajar.
  • Perilaku Regresif: Anak mungkin kembali ke perilaku yang lebih cocok untuk anak yang lebih muda, seperti mengompol atau mengisap jempol.
  • Masalah dengan teman sebaya: Anak mungkin kesulitan menjalin atau mempertahankan pertemanan, yang bisa menjadi indikasi bahwa mereka sedang berjuang dengan masalah emosional.
  • Perilaku mencari perhatian: Anak mungkin bertindak untuk mendapatkan perhatian, yang bisa berupa perilaku negatif atau positif.
  • Kesulitan mengontrol emosi: Anak mungkin sering berteriak atau menyalahkan orang lain untuk kesalahan yang mereka buat, menunjukkan bahwa mereka kesulitan mengontrol emosi mereka.
  • Tanda-tanda stres fisik: Anak mungkin menunjukkan tanda-tanda stres fisik seperti sakit perut atau kepala, yang sering kali terkait dengan kecemasan atau stres.
  • Pengasingan sosial: Anak mungkin lebih memilih untuk menyendiri daripada menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman-teman.
  • Penggunaan Kata-kata Negatif: Anak mungkin menggunakan kata-kata atau frasa negatif saat berbicara tentang diri sendiri atau situasi mereka.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami