Mengapa Yesus Menyembuhkan Orang Sakit?
Sumber: canva

Kata Alkitab / 5 March 2024

Kalangan Sendiri

Mengapa Yesus Menyembuhkan Orang Sakit?

Puji Astuti Official Writer
968

Orang sakit dan menderita bisa temukan di sekitar kita saat ini, bahkan mungkin Anda juga sedang mengalaminya. Pernahkah Anda bertanya, di Alkitab dituliskan berbagai kisah Tuhan Yesus menyembuhkan orang sakit, mengapa Yesus menyembuhkan orang sakit?

Berapa Banyak Orang Yang Disembuhkan Tuhan Yesus? 

Sebelum kita menggali apa Kata Alkitab tentang hal tersebut, mari kita renungkan hal ini : Ketika membaca tentang karya kesembuhan yang Tuhan Yesus lakukan, apakah pernah Anda membayangkan berapa banyak orang yang mengalami kuasa Tuhan dan sembuh dari berbagai penyakit?  

Inilah yang Matius 4:23-25 tuliskan di awal pelayanan Tuhan Yesus : 

Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.  

Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka. 

Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem dan dari Yudea dan dari seberang Yordan. 

Ketika Ia memberitakan Injil di wilayah Galilea, dituliskan bahwa Ia melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu. Bayangkan berapa banyak orang yang mengalami kesembuhan saat itu? Mungkin ribuan ratusan atau bahkan ribuan orang di wilayah Galilea mengalami mujisat.  

Dampaknya, bukan hanya Bangsa Israel yang gempar, bahkan dikatakan di seluruh wilayah Siria. Jika kejadian ini terjadi di jaman kita sekarang, bisa dikatakan berita ini viral. Bayangkan orang dengan berbagai penyakit sembuh, mereka yang kerasukan setan di lepaskan, yang buta melihat, yang lumpuh berjalan.  

Kejadian ini menarik semakin banyak orang sakit untuk mencari Yesus, bukan hanya datang dari Galilea saja, ayat 25 menyatakan bahwa dari Yerusalem, Yudea dan dari seberang sungai Yordan berbondong-bondong datang mencari Yesus. Jadi bisa dipastikan ada ribuan kisah kesembuhan yang tidak dicatat oleh para penulis Alkitab, bahkan mungkin yang tidak terdeteksi oleh para murid-murid.  

Lalu mengapa Tuhan Yesus Kristus melakukan mujisat kesembuhan itu?  

Karena Tuhan Mengasihi  

Tahukah Anda bahwa segala hal yang Tuhan lakukan bagi kita digerakkan oleh kasih-Nya pada kita? Dalam Yohanes 3:16 dinyatakan: “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”  

Yesus datang digerakkan oleh kasih untuk menyelamatkan manusia dari kematian kekal. Demikian juga saat Ia melihat manusia yang sakit dan menderita, hati-Nya tergerak oleh belas kasihan (Matius 9:36; 14:14; 14:32; Markus 1:41; 6:34; 8:2; Lukas 7:13) 

Namun kerinduan terbesar Tuhan Yesus bukan hanya agar kita terbebas dari penderitaan jasmani, seperti sakit penyakit, kemiskinan, dan kelaparan. Kerinduan hati-Nya adalah memeluk kita menjadi domba-domba gembalaan-Nya dan masuk dalam Kerajaan Sorga serta mendapatkan kehidupan kekal itu.  

Itu sebab-Nya Yesus datang tujuan utamanya bukan untuk menyembukan sakit penyakit, atau membebaskan Israel dari perbudakan Romawi. Semua itu adalah hal jasmaniah, sesuatu yang sementara. Tujuan Yesus yang utama adalah membawa keselamatan kekal bagi manusia.  

BACA JUGA: 

Mukjizat! Ibu Ini Secara Perlahan Sembuh dari Kanker Payudara

Ayat Alkitab yang Berbicara Soal Kesehatan dan Doa Kesembuhan yang Alkitab Tulis

Lalu mengapa Tuhan Yesus melakukan mujisat kesembuhan itu disepanjang pelayanan-Nya?  

Untuk Menyatakan Kuasa dan Hadiran Tuhan 

Mujisat kesembuhan adalah bukti nyata hadirnya kuasa Tuhan dan hadirat Tuhan yang langsung dilihat oleh orang-orang saat itu. Tuhan Yesus tidak butuh membuktikan keilahian diri-Nya, namun orang-orang yang melihat secara langsung perwujudan dari kuasa Allah, imannya dibangkitkan dan Tuhan dimuliakan.  

Hal ini Tuhan Yesus tegaskan sebelum Ia membangkitkan Lazarus, "Penyakit itu tidak akan membawa kematian, tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah, sebab oleh penyakit itu Anak Allah akan dimuliakan." (Yohanes 11:4) 

Melalui karya Tuhan dalam penyakit dan penderitaan yang dialami oleh manusia, nama Tuhan dimuliakan. Bahkan melalui kesaksian mereka yang mengalami berbagai mujisat dan kebaikan Tuhan tersebut, iman banyak orang akan dibangkitkan.  

Apakah mujisat kesembuhan masih Tuhan lakukan di jaman ini?  

Mungkin pertanyaan di atas juga Anda tanyakan, “Apakah mujisat Tuhan bisa saya alami hari ini?” Jawabannya adalah, “Ya, kuasa kesembuhan dari Tuhan bisa Anda alami hari ini dan saat ini juga.”  

Jika Anda sedang sakit, baik itu penyakit ringan atau penyakit kronis seperti kisah perempuan yang sakit pendarahan yang sudah menghabiskan hartanya untuk mendapatkan kesembuhan (Markus 5:25-34), percayalah bahwa Tuhan mengasihi Anda.  

Ambillah langkah awal yang sangat penting ini, undanglah Yesus menjadi Tuhan dan Juru Selamatmu. Seperti wanita itu, kejarlah Yesus dan dapatkan Diri-Nya. Temukan pribadi Yesus dan terimalah anugerah kehidupan kekal yang Dia tawarkan itu.  

Yesus berkata kepada perempuan yang pendarahan itu, “Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!” (Markus 5:34). Yang pertama Yesus berikan adalah keselamatan kekal. Percayalah, bahwa hal itu lebih berharga dari kesembuhan jasmani.  

Jika Anda ingin berdoa untuk menerima Yesus sebagai Juru Selamat Anda, Anda dapat menggunakan doa berikut sebagai panduan. Doa adalah berbicara kepada Tuhan. Anda tidak perlu melakukan apa pun yang istimewa; berbicaralah kepada Tuhan dan ceritakan perasaan Anda tentang segala sesuatu. 

Tuhan Yesus yang terkasih, 

Saya tahu bahwa saya adalah orang berdosa dan membutuhkan pengampunan-Mu. Saya percaya bahwa Engkau telah mati di kayu salib untuk dosa-dosa saya dan bangkit dari kematian untuk memberikan saya hidup. Saya tahu bahwa Engkau adalah satu-satunya jalan menuju Tuhan. Jadi sekarang saya ingin berhenti tidak menaati Engkau dan mulai hidup untuk Engkau. Tolong ampuni saya, ubah hidup saya, dan tunjukkan kepada saya bagaimana mengenal Engkau. Dalam nama Yesus. Amin. 

Jika Diri-Nya saja rela Ia korbankan dengan mati di kayu salib untuk keselamatan Anda dan saya, bukankah Dia ingin memberikan semua yang baik bagi kita, termasuk kesembuhan itu?  

Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh. (Yesaya 53:5) 

Jika Anda ingin di doakan atau memiliki pertanyaan mengenai Tuhan Yesus dan kehidupan Kristen, mari hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Kami rindu berdoa dan menguatkan Anda.  

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami