Catat! Menurut Alkitab, 5 Penyakit Hati Ini Termasuk Berbahaya
Sumber: canva.com

Health / 3 March 2024

Kalangan Sendiri

Catat! Menurut Alkitab, 5 Penyakit Hati Ini Termasuk Berbahaya

Claudia Jessica Official Writer
1092

Dalam perjalanan hidup, kita sering menghadapi tantangan emosional dan spiritual. Alkitab, sebagai sumber ajaran rohaniah, memberikan panduan tentang bagaimana kita seharusnya mengelola hati dan perasaan kita. Berikut adalah lima penyakit hati yang diuraikan dalam Alkitab, beserta pesan moral yang dapat kita ambil darinya.

1. Tinggi Hati

“Orang bodoh menolak didikan ayahnya, tetapi siapa mengindahkan teguran adalah bijak.” (Amsal 15:5 TB)

Tinggi hati adalah penyakit yang merusak. Ketika kita menolak nasihat atau teguran orang tua atau orang bijak, kita berisiko menjadi bodoh. Alkitab mengajarkan pentingnya rendah hati dan kesiapan untuk belajar dari orang lain. Bijaksana adalah mereka yang mau mendengarkan dan memperbaiki diri.

 

BACA JUGA: Makanan Haram di Perjanjian Lama Ternyata Untuk Jaga Kesehatan Kita? Benarkah?

 

2. Iri Hati

“Janganlah hatimu iri kepada orang-orang yang berdosa, tetapi takutlah akan Tuhan senantiasa.” (Amsal 23:17 TB)

Iri hati adalah perasaan tidak puas dengan keberhasilan atau kebahagiaan orang lain. Alkitab mengingatkan kita untuk tidak iri terhadap orang berdosa. Sebaliknya, kita harus fokus pada takut akan Tuhan dan melakukan apa yang benar. Iri hati hanya akan merusak hubungan dan membawa kita jauh dari kebenaran.

3. Tawar Hati

“Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.” (Amsal 24:10 TB)

Tawar hati adalah ketidakberdayaan dan keputusasaan. Ketika kita menghadapi kesulitan, Alkitab mengajarkan kita untuk tetap kuat dan percaya bahwa Tuhan akan memberikan kekuatan. Tawar hati hanya akan melemahkan kita. Sebaliknya, kita harus mencari dukungan dan berpegang pada iman.

4. Panas Hati

“Berhentilah marah dan tinggalkanlah panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan.” (Mazmur 37:8 TB)

Panas hati adalah amarah yang membara. Alkitab mengingatkan kita untuk mengendalikan emosi dan tidak membiarkan amarah menguasai kita. Marah hanya akan membawa kita pada tindakan yang merugikan. Sebagai gantinya, kita harus berusaha untuk memaafkan dan menjaga hati yang damai.

5. Sakit Hati

“Sesungguhnya, orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, dan orang bebal dimatikan oleh iri hati.” (Ayub 5:2 TB)

 

BACA JUGA: Nahan Pipis, Bisa Bikin Gagal Ginjal Hingga Cuci Darah?!

 

Sakit hati adalah luka batin yang dalam. Alkitab mengingatkan kita untuk tidak membiarkan sakit hati menguasai pikiran dan tindakan kita. Sebaliknya, kita harus mencari penyembuhan dan memaafkan. Orang bijak tidak membiarkan sakit hati menghancurkan hidup mereka.

Alkitab memberitahu kepada kita bahwa menjaga kesehatan mental dan hati sama pentingnya dengan menjaga kesehatan jasmani. Dengan menghindari kelima penyakit hati di atas, kita akan mengalami hidup yang lebih damai dan sukacita.

Lukas 11:28 berkata, “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya.”

Marilah kita terus belajar untuk mendengarkan dan melakukan firman-Nya dalam kehidupan sehari-hari sebagai duta-Nya di bumi ini.

Bagikan artikel ini ke media sosial dan teman-teman Anda, dan jadilah berkat bagi mereka dengan cara sederhana ini. Anda juga bisa mendukung pelayanan jawaban.com dengan berdonasi. Jadilah mitra CBN sekarang, klik tombol di bawah:

Daftar Mitra CBN

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami