Tuhan Menjawab Doa April Lewat Program Air Bersih
Sumber: jawaban.com

Berita CBN / 23 February 2024

Kalangan Sendiri

Tuhan Menjawab Doa April Lewat Program Air Bersih

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
966

April Damai Hulu, anak ketiga dari empat bersaudara yang berasal dari desa Botombawo, Kabupaten Nias Utara. Ia anak dari orang tua petani, yang mata pencaharian utama mereka adalah menderes karet. Kehidupan mereka jauh dari kata cukup, penghasilan dari keluarga mereka hanya mencapai Rp 700.000/ bulan, namun tidak stabil. Karena karet akan sulit dipanen saat musim hujan.  

Kondisi rumah mereka sangat memprihatinkan, hanya beralaskan tanah dengan atap yang sederhana, kalau hujan rembesan air akan masuk ke dalam rumah, karna atap nya sebagian rusak dan berlubang. Meskipun keadaan mereka begitu sulit, tidak mengurangi rasa syukur dari April dan keluarganya.   

Tidak hanya kondisi ekonomi mereka yang sulit, keluarga April juga kesulitan dalam memperoleh air bersih. Tidak ada sumur, karena tidak ada sumber mata air di desa ini. Mereka hanya menggunakan tambak kecil bekas kolam lele, sebagai tempat penampuangan air hujan. Di mana tempat penampungan tersebut tidak ada penutupnya, sehingga membuat air tersebut tercemar oleh kotoran dan jentik-jentik nyamuk. Penampungan tersebut juga akan terisi jika ada hujan, jika tidak hujan mereka akan mencari air di hutan ataupun di sungai dan kemudian ditampung lagi di tempat tersebut. 

BACA JUGA : Kesaksian OBI: Kekurangan Air Bersih, Warga Binjai Ini Terjangkit Penyakit Kulit

Air yang keluarga April tampung digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mencuci piring, minum, dan memasak. Karena air yang sudah tercemar dengan jentik-jentik tercemar itu juga mereka konsumsi, tidak jarang mereka akan mengalami sakit perut. Sedangkan kebutuhan untuk mandi, April dan keluarganya akan pergi berjalan kaki ke dalam hutan untuk mandi ke sumber air. 

Keadaan ini membuat April dan saudara-saudaranya sering memberontak dan mengeluh kepada orang tua mereka. Namun kedua orang tuanya juga tidak bisa melakukan apa-apa karena jika membeli air, mereka tidak memiliki uang yang cukup. Sehingga yang bisa mereka lakukan hanya menasihati anak-anaknya dan membuat April dan saudaranya memahami keadaan ini.  

April dan keluarganya selalu berharap dan berdoa kepada Tuhan agar bisa mempermudah akses mereka ke sumber air. Sehingga mereka tidak perlu lagi merasakan sakit dan berjalan kaki sejauh 700m untuk mendapatkan air.  

BACA JUGA : Kekurangan Air Bersih, Buruh Harian di Binjai Ini Habiskan Gajinya untuk Membeli Air Galon

Seakan Tuhan menjawab segala doa dan harapan April, tim kemanusiaan Cahaya Bagi Negeri melalui Obor Berkat Indonesia memilih April sebagai salah satu penerima manfaat dari Program Rain Water Harvesting System (RHS).  

Rain Water Harvesting System (RWHS) atau dikenal juga dengan Sistem Memanen Air Hujan sebagai alternatif sumber air di desa Botombawo ini. Ada 275 orang dalam 35 KK yang menerima bantuan RWHS ini. Dengan sistem ini,  Obor Berkat berharap bisa memenuhi kebutuhan air sehari  di tiap rumah. Sehingga masyarakat akan hidup lebih sehat, tidak perlu mencari air atau membeli air bersih lagi. 

April sangat senang dengan adanya bantuan ini. sehingga ketika berangka ke Sanggar Belajar Anak School of Life (SoL), April bisa mandi terlebih dahulu. Karena sebelumnya April dan keluarganya hanya mandi sehari sekali. Tidak hanya itu atap rumah mereka yang rusak juga sudah diperbaiki, sehingga tidak bocor lagi.  

BACA JUGA : Berkat Sumur Bor OBI, Keluarga Ini Sembuh dari Sakit

Tambak kecil tempat April dan keluarganya menampung air, kini digantikan dengan toren penampungan air yang dapat menampung 2000 liter air dan dapat mereka gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. April dan saudaranya tidak perlu berjalan kaki yang jauh untuk mandi dan tidak lagi merasakan sakit perut yang biasanya mereka alami.  

Keluarga April dan 31 keluarga lainnya sangat bersyukur dan merasa terberkati oleh  bantuan penampungan air bersih dari tim kemanusiaan CBN ini. Karena warga setempat tidak perlu kesulitan untuk mencari air untuk kebutuhan sehari-hari.  

Terima kasih, program ini berjalan dengan semestinya berkat bantuan uluran tangan dari Anda. Mari terus berkontribusi bersama kami dalam mewujudkan harapan masyarakat di desa terpencil lainnya untuk dapat menjangkau air bersih dan layak konsumsi dengan cara memberikan donasi Anda melalui LINK dibawah ini dan jadilah berkat bagi mereka!

 

SAYA MAU JADI BERKAT!

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami