Musim Durian, Makan Secukupnya Jika Tak Mau Alami 6 Hal Ini
Sumber: Canva.com

Health / 23 February 2024

Kalangan Sendiri

Musim Durian, Makan Secukupnya Jika Tak Mau Alami 6 Hal Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
476

Durian, si raja buah dengan aroma tajam dan rasa yang unik, menjadi favorit banyak orang. Namun, di balik kelezatannya, durian menyimpan beberapa efek samping yang perlu diwaspadai.  Ditambah saat ini sudah memasuki musim durian, tentu saja sangat mudah untuk mendapatkannya dengan harga yang sangat terjangkau. Maka tidak sedikit orang yang kalap mengonsumsi durian dalam jumlah banyak dalam sekali makan.

 

BACA JUGA: Cara Jitu Turunkan Kolestrol Tinggi

 

Mengonsumsi durian secara berlebihan dapat berakibat fatal bagi beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Berikut adalah beberapa efek samping yang perlu Anda waspadai:

1. Reaksi alergi

Durian bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang yang sensitif terhadap komponen-komponen di dalamnya, seperti sulfur, karoten, atau alkohol1. Gejala alergi bisa berupa gatal-gatal, ruam, bengkak, sesak napas, atau syok anafilaksis.

2. Gangguan pencernaan

Durian mengandung serat yang tinggi, yang bisa membantu kesehatan pencernaan jika dikonsumsi dalam porsi yang wajar. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, durian bisa menyebabkan perut kembung, muntah, diare, atau sembelit34. Durian juga bisa meningkatkan asam lambung, yang bisa menyebabkan nyeri ulu hati, maag, atau gastritis.

3. Kenaikan gula darah

Durian mengandung glukosa yang tinggi, yang bisa menyebabkan kenaikan gula darah, terutama pada orang yang memiliki diabetes atau prediabetes25. Kenaikan gula darah bisa menyebabkan komplikasi seperti kerusakan saraf, ginjal, mata, atau jantung.

4. Kenaikan kolesterol

Durian mengandung lemak yang tinggi, yang bisa menyebabkan kenaikan kolesterol, terutama pada orang yang memiliki hiperkolesterolemia atau penyakit jantung23. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, yang bisa menyebabkan stroke, serangan jantung, atau gangren.

5. Kenaikan berat badan

Durian mengandung kalori yang tinggi, yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan, terutama jika dikonsumsi berlebihan dan tidak diimbangi dengan olahraga345. Berat badan berlebih bisa menyebabkan obesitas, yang bisa meningkatkan risiko diabetes, hipertensi, penyakit jantung, atau kanker.

6. Mabuk durian

Durian mengandung alkohol yang bisa bereaksi dengan alkohol lain yang dikonsumsi bersamaan, seperti minuman beralkohol, obat-obatan, atau jamu24. Reaksi ini bisa menyebabkan mabuk durian, yang ditandai dengan pusing, mual, muntah, keringat dingin, atau pingsan.

 

BACA JUGA: Biar Gak Diabetes, Batasi Konsumsi Gula Per Hari Hanya Sebanyak Ini…

 

Durian termasuk dalam buah yang lezat dan kaya manfaat. Namun, konsumsi durian berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Konsumsilah durian dengan bijak dan perhatikan kondisi kesehatan Anda. Bijaksanalah terhadap apa yang tubuh Anda konsumsi ya!

 

“Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat…”

Efesus 5:29

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami