Cara Jitu Turunkan Kolestrol Tinggi
Sumber: tribunnews.com

Spirituality / 3 April 2013

Kalangan Sendiri

Cara Jitu Turunkan Kolestrol Tinggi

Budhi Marpaung Official Writer
6152

Kolesterol tinggi kini menjadi masalah kesehatan orang-orang di perkotaan. Tidak hanya kaum dewasa, anak-anak pun sudah banyak yang mengalaminya.

Hal ini tentu perlu disikapi secara serius oleh setiap kita karena kolesterol tinggi bisa mengakibatkan banyak gangguan dalam tubuh kita seperti serangan jantung, stroke dan penyempitan pembuluh darah. Oleh sebab itu, alangkah lebih baiknya kita mengetahui apa saja faktor penyebab dan cara menurunkan kolesterol tinggi apabila kita atau orang-orang sekitar mengalaminya.

 

Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi

1. Faktor yang tidak dapat dikontrol

a. Keturunan. Apabila ada keluarga yang berkolesterol tinggi, maka besar kemungkinannya anak memiliki bakat unutk mempunyai kolesterol yang tinggi, resiko adanya suatu gangguan kesehatan biasa 6 kali lebih besar menimpa anak dibanding orang tua.

b. Usia. Setelah usia 20, kolesterol cenderung meningkat. Pada pria, kolesterol akan mudah naik setelah umur 50 tahun. pada wanita, kolesterol akan mudah untuk naik setelah menopause.

2. Faktor yang dapat dikontrol

a. Makanan telalu banyak lemak jenuh, seperti mentega, biskuit, dan fast food (makanan siap saji)

b. kelebihan berat badan

c. Kurang berolahraga

d. Merokok

e. Gaya hidup yang tidak sehat

f. Stress

g. Diabetes mellitus

h. Minum kopi berlelbihan

i. Diet yang salah

j. Obesitas

 

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

1. Olah Raga Secara Rutin

Bila kita jarang bergerak lemak dalam tubuh kita mengendap dan bisa mengakibatkan kolesterol tingggi, bila kita berolahraga badan akan sehat dan keringat akan mengeluarkan zat beracun, dan mengontrol kolesterol dalam nomal. Jarang berolahraga badan jadi gemuk dan itu akan beresiko akan banyak penyakit datang

2. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak Zaitun banyak sekali fungsinya, disamping bagus untuk rambut dan kulit. Juga bagus untuk mengontrol kadar dalam darah kita.

3. Konsumsi Makanan Berserat

Dengan banyaknya antioksidan bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi. Antioksidan diperoleh dari buah buahan dan sayur sayuran yang berserat. Seperti gandum, wortel, sayuran berwarna hijau dan buah buahan seperti jeruk, pepaya, pisang, wortel, stroberry.

Semoga artikel ini dapat membawa manfaat bagi diri Anda. Akhir tulisan, selamat menjalani pola hidup yang sehat !

Sumber : kopihijau.info / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami