Tetap Waspada! 3 Hal Penting Ini Harus Diketahui Umat Kristen Tentang ISIS
Sumber: PBS

News / 22 February 2024

Kalangan Sendiri

Tetap Waspada! 3 Hal Penting Ini Harus Diketahui Umat Kristen Tentang ISIS

Claudia Jessica Official Writer
1379

ISIS telah menjadi sorotan utama dalam berita akhir-akhir ini, namun pengetahuan kita tentang kelompok tersebut mungkin belum selaras dengan seberapa sering kita mendengar namanya.

Johnnie Moore, yang sebelumnya adalah pendeta kampus di Liberty University dan penulis buku Defying ISIS, memberikan informasi penting kepada umat Kristen tentang 3 hal yang perlu dipahami tentang organisasi teroris ini agar kita dapat lebih memahami situasi global.

1. Apa Asal Usul ISIS?

Moore menjelaskan bahwa, ISIS sudah ada dalam berbagai bentuk setidaknya selama satu dekade. Mereka bukanlah ancaman baru, mereka adalah ancaman lama yang diabaikan. Saat ini, mereka bahkan menguasai wilayah yang lebih luas dari Inggris dan memiliki afiliasi di setidaknya 30 negara.

Malcolm Nance, seorang konsultan kontraterorisme, menambahkan bahwa ISIS terbentuk dari invasi Irak dan merupakan generasi kelima dari al-Qaeda. Meskipun pernah terkait dengan al-Qaeda, ISIS kemudian diasingkan karena kebrutalannya yang luar biasa. Nance juga menambahkan bahwa Perang Saudara Suriah menciptakan kondisi politik yang mendukung pertumbuhan ISIS menjadi organisasi seperti sekarang ini.

2. Apa Tujuan ISIS?

ISIS dikenal karena kebrutalannya yang tak kenal kompromi. Mereka memiliki ambisi untuk dominasi global secara total. Moore menjelaskan perbedaan yang dalam antara pejuang ISIS dan mereka yang melawan mereka, di mana para pejuang ISIS siap mati demi mencapai tujuan mereka, sementara bagi kebanyakan yang melawan mereka, hidup adalah hal terbaik yang bisa terjadi. Sikap tidak takut akan kematian ini menjadikan ISIS sebagai ancaman yang serius bagi seluruh dunia.

3. Siapa Target ISIS?

Moore merangkum jawaban atas pertanyaan ini dengan, “Setiap orang yang tidak setuju dengan mereka.” Termasuk umat Kristen dan agama minoritas lainnya, bahkan termasuk sesama umat Islam.

Namun, penganiayaan terhadap umat Kristen sangatlah tinggi. Pada 11 Agustus lalu, Moore melalui sebuah artikel yang diterbitkan oleh Christian Post menyerukan kepada pemimpin dunia untuk menyadari bahwa ISIS telah melakukan genosida terhadap umat Kristen, dan tindakan harus diambil untuk menghentikannya.

Moore mengatakan, “Baghdadi (pemimpin ISIS), secara khusus mengatakan bahwa ia akan melakukan perjalanan ke Roma dan berjanji untuk mematahkan salib di sepanjang jalan serta menangkap dan memperbudak istri dan anak perempuan umat Kristen.”

Di tengah-tengah peristiwa dunia saat ini, Moore ingin umat Kristen fokus pada panggilan Tuhan dan menyerukan tiga tindakan berikut:

Pertama, kita perlu mendesak para pemimpin politik untuk menghancurkan ISIS. Kedua, kita harus berdoa bagi mereka yang menderita akibat kekejaman ISIS. Ketiga, kita harus memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.

“Dunia harus benar-benar menunjukkan belas kasih yang besar kepada para pengungsi ini. . . namun kita juga harus meminta para pemimpin kita memperketat pemeriksaan dan pemrosesan terhadap para pengungsi ini untuk memastikan bahwa ISIS atau simpatisan ISIS tidak dapat menyusup ke dalam sistem. ISIS akan dengan senang hati menggunakan belas kasih kami untuk melawan kami,” ucap Moore.

Sumber : christianheadlines
Halaman :
1

Ikuti Kami