Bawaslu Tomohon Pimpin Perlawanan Terhadap Politik Uang dengan Mengajak Warga Gereja
Sumber: antaranews.com

News / 14 February 2024

Kalangan Sendiri

Bawaslu Tomohon Pimpin Perlawanan Terhadap Politik Uang dengan Mengajak Warga Gereja

Claudia Jessica Official Writer
548

Dalam upaya menjaga integritas dan kebersihan pemilu yang diadakan tanggal 14 Februari 2024, Ketua Bawaslu Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), Stenly, telah mengeluarkan sebuah surat seruan kepada warga gereja. Dalam surat tersebut, ia mengajak warga gereja untuk menolak serta melawan praktik politik uang yang masih kerap terjadi.

“Sudah saatnya warga gereja menolak dan melawan politik uang. Seluruh elemen masyarakat harus bersinergi untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas, pemilu yang bersih dan bermartabat,” ujar Stenly di Tomohon pada hari Senin (12/02/2023).

Salah satu masalah klasik yang sering terjadi dalam setiap pemilu adalah kecenderungan peserta dan calon untuk menggunakan berbagai cara demi memenangkan kontestasi politik. Mereka cenderung menggunakan uang dalam jumlah yang tidak wajar untuk mempengaruhi pilihan masyarakat.

 

BACA JUGA: Buktikan Cintamu untuk Indonesia, Berikan Suaramu Jangan Golput

 

“Politik uang jelas-jelas melecehkan kecerdasan pemilih, merusak tatanan demokrasi, melahirkan pemimpin bermental koruptor, menghambat pembangunan serta meruntuhkan harkat dan martabat kemanusiaan,” tegas Stenly.

Bawaslu yakin bahwa dengan dukungan penuh dari pemerintah, TNI, Polri, tokoh agama, dan warga gereja, pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan damai.

“Momentum Pemilu juga dapat kita maknai sebagai gerakan etik dan moral yang berbasis pada keyakinan,” tambahnya.

 

BACA JUGA: MPH PGI Mengajak Umat Kristiani Berperan Aktif dalam Pemilu 2024

 

Dia juga menegaskan bahwa baik gereja maupun masyarakat di Kota Tomohon memiliki potensi untuk menunjukkan keunggulan dalam berdemokrasi dengan berpegang pada karakter sejati bangsa yang beradab, cinta perdamaian, semangat kekeluargaan, dan menghargai perbedaan antar sesama anak bangsa.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami