Pesepak Bola Meninggal Disambar Petir, Apa yang TIdak Boleh Dilakukan Saat Hujan Petir?
Sumber: notizie.virgilio.it

News / 13 February 2024

Kalangan Sendiri

Pesepak Bola Meninggal Disambar Petir, Apa yang TIdak Boleh Dilakukan Saat Hujan Petir?

Claudia Jessica Official Writer
377

pun. Hujan petir adalah fenomena alam yang umum terjadi di Indonesia, terutama saat musim hujan. Namun, hujan petir juga bisa menjadi bahaya bagi manusia lantaran petir dapat menyambar hingga menimbulkan luka bakar, syok listrik, hingga kematian seperti yang dialami oleh pesepak bola asal subang, Septian Raharja (35).

Septian Raharja, seorang pemain sepak bola yang tengah bertanding di Stadion Siliwangi, Bandung, Sabtu (10/02) sore kemarin meninggal dunia setelah tersambar petir.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, terlihat Septian yang tengah berjalan di tengah lapangan tiba-tiba disambar petir dan tumbang seketika.

 

BACA JUGA: Masuk Musim Hujan, Waspada dengan 5 Penyakit Menular Ini

 

Menurut istri Septian, Dara, suaminya saat itu masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti. Namun, belum berapa lama Septian masuk, ia tersambar petir.

“Sudah jalan 15 menit main, suami itu baru masuk mungkin belum megang bola sama sekali, ada petir pertama tapi mental ke tanah, selang beberapa detik petir kedua mengenai beliau,” cerita Dara seperti yang dikutip dari kompas.com.

Untuk menghindari kejadian seperti yang dialami Septian Raharja, mari perhatikan apa saja hal yang tidak boleh kita lakukan saat hujan petir.

1. Berdiri di Lapangan Terbuka

Tidak hanya pohon tinggi atau bangunan yang bisa menjadi sasaran petir saat hujan badai, bahkan kita sendiri bisa menjadi objek tertinggi di dataran rendah seperti lapangan, sawah, atau taman. Risiko tersambar petir secara langsung meningkat jika kita berada di lapangan terbuka saat hujan petir.

Karena itu, sangat penting untuk segera mencari tempat perlindungan yang aman seperti rumah, gedung, atau kendaraan yang tertutup jika terpaksa berada di lapangan terbuka. Berlari di sepanjang pagar, rel kereta api, atau kabel listrik juga perlu dihindari karena dapat meningkatkan risiko tersambar petir

2. Menggunakan Peralatan Elektronik yang Terhubung dengan Kabel

Petir bisa merusak peralatan elektronik dan menimbulkan percikan api yang berbahaya. Jika kita menggunakan peralatan elektronik yang terhubung dengan kabel saat hujan petir, kita bisa terkena sambaran petir secara tidak langsung.

Sebaiknya cabut semua kabel listrik yang ada di sekitar kita, seperti televisi, komputer, ponsel, atau kipas angin. Gunakan baterai atau power bank untuk mengoperasikan peralatan elektronik yang kita butuhkan.

 

BACA JUGA: Terungkap! 5 Fakta Menarik Mengenai Hujan dalam Alkitab yang Perlu Anda Ketahui

 

3. Berada di Kolam Renang, Danau, atau Pantai

Air bisa menghantarkan energi dari petir dan menyetrum kita jika berada di dalam atau dekat dengan sumber air. Jika kita berada di kolam renang, danau, atau pantai saat hujan petir, kita bisa terkena sambaran petir secara langsung atau tidak langsung.

Segera keluar dari air dan cari tempat berlindung yang aman, seperti rumah, gedung, atau mobil yang tertutup. Jangan berlindung di bawah pohon, payung, atau gazebo, karena benda-benda tersebut tidak bisa melindungi kita dari petir

4. Berdiri di Bawah Pohon atau Benda yang Tinggi Lainnya

Petir cenderung menyambar benda tertinggi di sekitarnya, termasuk pohon, tiang listrik, atau bangunan tinggi. Berdiri di bawah benda-benda tersebut meningkatkan risiko tersambar petir baik secara langsung maupun tidak langsung. Ketika berada di luar saat hujan petir, penting untuk mencari tempat yang lebih rendah atau perlindungan yang lebih aman.

5. Tiduran Tanpa Menggunakan Alas

Meskipun terlihat sepele, tiduran tanpa alas saat hujan petir juga membawa risiko tersambar petir secara tidak langsung. Petir bisa merambat di permukaan tanah dan menimbulkan bahaya. Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan alas yang memisahkan tubuh kita dari tanah saat berada di luar rumah saat hujan petir.

6. Menyentuh Struktur Beton

Struktur bangunan dari beton biasanya memiliki kabel besi di dalamnya yang dapat menghantarkan listrik dari petir. Menyentuh struktur beton saat hujan petir meningkatkan risiko tersambar petir secara tidak langsung. Hindari bersandar, berbaring, atau duduk di atas struktur beton saat hujan petir berlangsung.

7. Mandi

Mandi saat hujan petir adalah keputusan yang sangat berisiko karena air bisa menjadi penghantar listrik dari petir. Jika memungkinkan, tunggu hingga hujan reda atau gunakan air yang disimpan di ember atau bak mandi sebagai alternatif. Pastikan untuk mencabut semua kabel listrik di sekitar kamar mandi untuk mengurangi risiko kecelakaan.

 

BACA JUGA: Jaga Daya Tahan Tubuh Di Musim Penghujan dengan Mengkonsumsi Zinc, Apa Saja Fungsinya?

 

Dengan memperhatikan dan menghindari aktivitas di atas, kita dapat mengurangi risiko tersambar petir dan menjaga keselamatan diri sendiri serta orang-orang di sekitar kita saat cuaca buruk. Stay safe!

Apakah artikel ini bermanfaat bagi Anda? Yuk share artikel ini supaya lebih banyak orang yang membacanya.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami