Harga Beras Naik, Apa Makanan Pengganti yang Sehat Namun Tetap Bikin Kenyang?
Sumber: canva.com

Health / 13 February 2024

Kalangan Sendiri

Harga Beras Naik, Apa Makanan Pengganti yang Sehat Namun Tetap Bikin Kenyang?

Claudia Jessica Official Writer
675

Beras merupakan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun, belakangan ini harga beras terus melonjak naik akibat berbagai faktor, seperti cuaca, hama, impor, dan permintaan pasar.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), harga beras rata-rata nasional pada bulan Januari 2024 mencapai Rp 14.000 per kilogram, naik 10,24 persen dibandingkan bulan Desember 2023.

“Salah satu pendorong kenaikan harga beras antara lain karena kurangnya pasokan di beberapa wilayah terutama akibat dari faktor cuaca dan rusaknya beberapa akses jalan dan hambatan distribusi komoditas pangan,” ungkap Plt Kepala BPS Amalia A. Widyasanti saat menyampaikan Berita Resmi Statistik di Jakarta pada Kamis (01/02/2023) lalu.

Kenaikan harga beras tentu memberikan dampak bagi kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, terutama bagi mereka yang berpenghasilan rendah. Oleh karena itu, jawaban.com berusaha mencari alternatif makanan lain yang dapat menggantikan beras, namun tetap mengenyangkan dan menyehatkan. Yuk lihat ada apa saja?

BACA JUGA: Harga Beras Premium Melonjak, Gimana Siasati Agar Tidak Tidak Boncos...

1. Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian superfood yang kaya akan protein, serat, dan nutrisi penting lainnya. Quinoa mengandung semua asam amino esensial, menjadikannya sumber protein lengkap. Selain itu, quinoa juga rendah glikemik sehingga cocok untuk orang-orang yang ingin mengontrol kadar gula darah. Anda dapat menggunakan quinoa sebagai pengganti nasi dalam berbagai hidangan seperti salad, atau sup.

2. Kentang Manis (Ubi)

Kentang manis atau ubi adalah sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Kentang manis memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada beras putih, sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu, kentang manis juga mengandung beta-karoten, vitamin C, dan kalium. Anda dapat memasak kentang manis dengan cara direbus, dipanggang, atau diolah menjadi puree sebagai alternatif untuk nasi.

3. Jagung

Jagung merupakan sumber karbohidrat yang rendah lemak dan mengandung serat tinggi serta vitamin B kompleks. Jagung juga mengandung antioksidan penting seperti lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata. Anda bisa menambahkan jagung dalam berbagai hidangan seperti tumisan, salad, atau digunakan sebagai bahan dalam sup atau kue jagung.

 

BACA JUGA: Nasi Sama-sama Jadi Makanan Pokok dengan Jepang, Kenapa Hanya Indonesia yang Obesitas?

 

4. Gandum Utuh

Gandum utuh seperti beras merah, barley, atau bulgur adalah sumber karbohidrat kompleks yang mengandung serat tinggi, vitamin, mineral, dan antioksidan. Gandum utuh membantu menjaga kesehatan jantung, pencernaan, dan memberikan energi yang tahan lama. Anda dapat menggunakan gandum utuh sebagai pengganti beras dalam berbagai hidangan seperti nasi goreng, sup, atau salad.

5. Tepung Singkong

Tepung singkong atau tapioka adalah sumber karbohidrat yang mudah dicerna dan rendah alergi gluten. Tepung singkong sering digunakan dalam pembuatan kue, roti, atau kudapan tradisional. Meskipun memiliki indeks glikemik yang tinggi, tapioka tetap menjadi alternatif yang menarik sebagai pengganti beras dalam berbagai hidangan.

6. Biji-bijian Lainnya

Biji-bijian seperti barley, bulgur, atau soba (buckwheat) juga merupakan alternatif yang baik untuk menggantikan beras. Biji-bijian ini mengandung serat tinggi, protein, dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Anda dapat memasak biji-bijian ini menjadi berbagai hidangan seperti sup, bubur, atau digunakan sebagai bahan dalam salad.

7. Sayuran

Sayuran seperti kubis, bayam, kale, atau brokoli mengandung karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral yang tinggi. Menggantikan beras dengan sayuran dalam berbagai hidangan seperti tumis, salad, atau soup dapat meningkatkan asupan serat dan nutrisi harian Anda serta membantu menjaga berat badan yang sehat.

 

BACA JUGA: 6 Tips Hemat Ala Ibu-ibu di Jepang yang Patut Ditiru Nih Moms!

 

Ketujuh makanan yang disebutkan di atas, tidak hanya mengenyangkan perut Anda, tetapi juga cenderung lebih sehat bagi tubuh. Makanan-makanan tersebut juga dapat memberikan variasi rasa dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo coba makanan pengganti beras yang sehat dan murah ini!

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami