7 Jenis Kanker Yang Paling Mungkin Disembuhkan Menurut Medical News Today
Sumber: canva.com

Health / 3 February 2024

Kalangan Sendiri

7 Jenis Kanker Yang Paling Mungkin Disembuhkan Menurut Medical News Today

Claudia Jessica Official Writer
1338

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan dimana sel-sel tumbuh dan berkembang secara tidak terkendali di bagian tubuh tertentu. Ia juga dapat menyebar ke area lain dan mengakibatkan kerugian pada jaringan dan organ sekitarnya.

Amerika Serikat telah melakukan investasi yang besar untuk melakukan penelitian global, tetapi kanker masih tetap menjadi penyebab kematian utama di negaranya. Dengan perkiraan 1.806.590 kasus baru dan 606.520 kematian pada tahun 2020 menurut National Cancer Institute.

Untuk memahami perbedaan prognosis antar jenis kanker, peneliti sering menggunakan statistik yang disebut tingkat kelangsungan hidup 5 tahun. Angka ini mengacu pada persentase orang yang bertahan hidup selama 5 tahun setelah terdiagnosis kanker.

 

 

BACA JUGA: Tanda-tanda Gejala Kista Ovarium Ini Wajib Diperhatikan Kaum Hawa

 

Tingkat kelangsungan hidup relatif membandingkan orang dengan suatu penyakit dengan mereka yang tidak mengidap penyakit tersebut dalam populasi umum, mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi kelangsungan hidup. Dalam artikel ini, fokus pada tujuh jenis kanker dengan tingkat kelangsungan hidup relatif 5 tahun tertinggi, terutama pada kanker yang didiagnosis pada tahap awal.

1. Kanker payudara

Orang dengan kanker payudara tahap 0 dan 1 memiliki tingkat kelangsungan hidup relatif 5 tahun sekitar 99–100%, artinya hampir pasti bisa bertahan selama 5 tahun atau lebih seperti orang yang tidak mengalami kanker.

Tahap menggambarkan ukuran dan lokasi tumor. Tahap 0 berarti pertumbuhan sel-sel abnormal di jaringan atau lobulus payudara, bukan kanker namun dapat menunjukkan tanda-tanda awal.

Pada tahap 1 kanker payudara, terdapat tumor kecil yang umumnya kurang dari 2 sentimeter dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Dokter bisa mengisolasi dan mengobati kanker payudara ini sebelum menjadi lebih serius.

2. Kanker prostat

Orang dengan kanker prostat pada tahap 1 dan 2 memiliki tingkat kelangsungan hidup relatif 5 tahun sekitar 99%. Kanker prostat bisa tumbuh sangat lambat atau bahkan tidak tumbuh sama sekali, dan bisa diobati dengan baik. Jika ukurannya tidak bertambah, dokter akan terus memantau apakah ada perubahan atau penyebaran seiring waktu.

3. Kanker testis

Tingkat kelangsungan hidup relatif 5 tahun untuk kanker testis adalah 99% jika tumor hanya berada di dalam testis, dan 96% jika tumor sudah menyebar ke jaringan atau kelenjar getah bening sekitar testis. Pada awal kanker testis, dokter bisa mengangkat satu atau kedua testis untuk mengobati, dan ini merupakan cara pengobatan yang efektif, terutama jika kanker belum menyebar.

 

BACA JUGA: Ayat Alkitab yang Berbicara Soal Kesehatan dan Doa Kesembuhan yang Alkitab Tulis

 

4. Kanker tiroid

Kanker tiroid pada tahap 1 dan 2 memiliki tingkat kelangsungan hidup relatif 5 tahun sekitar 98–100%. Tiroid adalah kelenjar di leher yang membuat hormon untuk menjaga tubuh tetap sehat. Kanker tiroid umumnya tumbuh lambat, memberikan lebih banyak waktu untuk pengobatan. Bahkan ketika kanker menyebar ke jaringan di sekitar tenggorokan, mengangkat kelenjar tiroid bisa menjadi cara yang efektif untuk menghancurkannya.

5. Melanoma

Melanoma, kanker kulit, memiliki tingkat kelangsungan hidup relatif 5 tahun sekitar 99% pada tahap 1. Kanker ini mudah terdeteksi pada kulit, sehingga tingkat kelangsungan hidup tinggi. Dengan mendeteksi dan mengobati melanoma pada tahap awal, peluang seseorang untuk bertahan hidup lebih besar. Namun, tanpa deteksi dini, melanoma bisa menyebar di bawah kulit dan menjadi lebih sulit untuk diobati.

6. Kanker serviks

Kanker serviks memiliki tingkat kelangsungan hidup relatif 5 tahun sekitar 92% untuk semua tahap yang terlokalisasi. Deteksi dini memungkinkan dokter untuk mengobati sel-sel yang tumbuh tidak normal sebelum dapat berkembang atau menyebar ke bagian tubuh lainnya. Meskipun kanker serviks sudah pada tahap lanjut, pertumbuhannya sangat lambat. Ini membuat pengobatan tetap bisa efektif.

 

BACA JUGA: Kulit dan Jerawat Terasa Gatal? Ternyata Ini Penyebabnya, Yuk Cegah!

 

7. Limfoma Hodgkin

Limfoma Hodgkin pada tahap 1 dan 2 memiliki tingkat kelangsungan hidup relatif 5 tahun sekitar 92-95%. Tingkat kelangsungan hidup yang tinggi ini disebabkan oleh respons baik terhadap perawatan radiasi. Jadi, orang dengan bentuk lebih lanjut dari limfoma Hodgkin tetap memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi. Namun, jenis limfoma lain tidak merespons dengan baik terhadap pengobatan.

Meskipun belum ada obat untuk kanker saat ini, tetapi pengobatan yang efektif dapat menghasilkan remisi, kondisi di mana semua gejala kanker hilang. Maka dari itu, penting bagi kita mendeteksi kanker sedini mungkin untuk mendapatkan pengobatan dan meningkatkan peluang hidup.

Sumber : medicalnewstoday.com
Halaman :
1

Ikuti Kami