Apa Itu Gereja? Mengapa Orang Kristen Harus Bergereja?
Sumber: Canva

Kata Alkitab / 18 January 2024

Kalangan Sendiri

Apa Itu Gereja? Mengapa Orang Kristen Harus Bergereja?

Puji Astuti Official Writer
930

Gereja bukan sekedar tempat ibadah yang kita kunjungi setiap akhir pekan. Gereja memegang peranan penting dalam kehidupan rohani umat Kristen. Walau demikian gereja bukanlah tempat orang-orang yang sudah sempurna, sebaliknya gereja merupakan tempat dimana orang-orang yang berdosa mengalami penebusan Kristus. Di sana mereka menjadi murid Kristus, yang dibentuk dan bertumbuh dalam kebenaran bersama-sama. 

Apa itu gereja? 

Secara harfiah, asal kata "ekklesia" berasal dari bahasa Yunani kuno, yang terdiri dari dua kata, yaitu "ek" dan "kaleo." Kata "ek" berarti "keluar dari" atau "dari dalam," sedangkan "kaleo" berarti "memanggil" atau "memilih." Jadi, secara harfiah, "ekklesia" dapat diartikan sebagai "mereka yang dipanggil keluar." 

Penggunaan kata "ekklesia" tidak terbatas pada konteks keagamaan, meskipun kita sering mengaitkannya dengan istilah "gereja" dalam konteks Kristen. Dalam penggunaan sehari-hari di dunia Yunani kuno, "ekklesia" merujuk pada suatu kelompok orang yang dipanggil keluar dari masyarakat untuk berkumpul dan membahas masalah-masalah publik, membuat keputusan, atau mengambil tindakan legislatif. 

Di Perjanjian Baru kata “ekklesia” disebutkan 115 kali, sebagai contoh Matius 16:18, “Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. " Kata jemaat-Ku disini menggunakan kata “ekklesia.” 

Jadi, asal kata "ekklesia" menunjukkan lebih dari sekadar tempat ibadah; itu mengandung konsep panggilan keluar untuk tujuan tertentu. Dalam konteks Kristen, "ekklesia" menggambarkan komunitas orang yang dipanggil keluar dari kehidupan dunia yang penuh dosa untuk hidup bersama dalam iman, beribadah, mendukung satu sama lain, dan memenuhi tugas kita yaitu Amanat Agung yang diberikan oleh Yesus Kristus. 

BACA JUGA:

Peran Gereja dan Komunitas Kristen Menghadapi Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Teknologi AI Meningkat, Relevansi Persekutuan Gereja Justru Semakin Penting!

Mengapa Orang Kristen Perlu Bergereja atau Tertanam Dalam Jemaat Lokal? 

Sebagai orang Kristen, kehadiran dan keterlibatan dalam gereja bukan hanya sebuah tradisi, tetapi suatu kebutuhan yang mendalam. Inilah beberapa alasan mengapa bergereja memiliki dampak positif yang besar dalam hidup kita. 

A. Gereja Membuat Kita Hidup Dalam Komunitas Orang Percaya 

1. Koinonia: Bersekutu dan Terlibat 

Koinonia mencerminkan persatuan atau bersekutu bersama dan keterlibatan dalam komunitas gereja. Seperti yang tertulis dalam Kisah Para Rasul 2:42, "Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul, dalam persekutuan, dalam memecahkan roti, dan dalam doa." Orang Kristen dipanggil untuk hidup dalam koinonia dengan Tuhan dan sesama. Ini mencakup saling mendukung dalam hal rohani, serta keterlibatan dalam kehidupan dan pelayanan gereja. 

2. Saling mengasihi dan Pertumbuhan Bersama 

Kita tidak bisa menerapkan makna saling mengasihi jika hidup sendiri. Dalam 1 Tesalonika 5:11 mengajarkan kita untuk "menghibur dan saling membantu." Jadi, gereja adalah salah satu komunitas dimana kita belajar menerapkan kebenaran. Gereja juga adalah tempat di mana kita mendapatkan dukungan moral, doa, dan bimbingan. Pertumbuhan rohani terjadi saat kita bersama-sama dalam komunitas, saling memperkaya iman dan memperdalam hubungan dengan Tuhan. 

B. Gereja Menjadi Wadah untuk Beribadah dan Pembinaan rohani 

1. Ibadah Bersama sebagai Wujud Ketaatan 

Ibadah bersama adalah manifestasi ketaatan kita kepada Tuhan. Di dalam Ibrani 10:25, kita diajak untuk "Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat." 

2. Tempat Pembinaan Rohani Orang Percaya 

Filipi 4:9 mengajarkan, " Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. " Gereja menyediakan platform untuk pengajaran dan pembinaan rohani, memperkaya pemahaman kita akan Firman Tuhan dan menginspirasi hidup yang lebih berarti. 

C. Wadah Pelayanan dan Berdampak Bagi Masyarakat

1. Melayani Sesama dalam Gereja 

Yesus memberi teladan pelayanan dalam Matius 20:28, " sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang." Gereja adalah tempat di mana kita dapat belajar saling melayani, serta untuk membangun komunitas dengan talenta dan kemampuan yang kita miliki. 

2. Berperan dalam Masyarakat Melalui Gereja 

Gereja memiliki peran aktif dalam membentuk karakter dan nilai-nilai sehingga umat dapat berdampak dalam masyarakat. Yohanes 13:35 mengingatkan kita, " Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi." Bergereja memungkinkan kita menjadi saluran kasih dan pengaruh positif di dunia ini. 

Belajar dari tentang arti gereja dan maknanya bagi orang percaya, mari kita bergandengan tangan dalam koinonia, bersama-sama bersekutu, mendukung satu sama lain, dan tumbuh bersama dalam iman. Jangan lupakan panggilan kita untuk melayani sesama dan menjadi berkat bagi masyarakat melalui gereja. Gereja adalah wadah yang mempersatukan kita, memotivasi untuk menjadi lebih baik, dan menjadikan kita agen perubahan positif di dunia. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar gereja atau mencari gereja lokal terdekat, jangan ragu untuk menghubungi Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Ingatlah, bergereja bukan hanya sebuah pilihan, tetapi panggilan hidup bagi setiap orang percaya.  

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami