Apakah Yesus Menyelamatkan Manusia?
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 16 January 2024

Kalangan Sendiri

Apakah Yesus Menyelamatkan Manusia?

Puji Astuti Official Writer
931

Tahukah Anda mengapa manusia menginginkan adanya jaminan keselamatan baik dalam hidupnya di dunia ini, maupaun setelah kematian? Karena sebagai manusia secara naluriah kita menginginkan harapan, kehidupan yang penuh arti dan  tujuan.  

Apakah Yesus menyelamatkan manusia?  

Hal ini menjadi pertanyaan banyak orang, bahkan mereka yang tidak percaya kepada Yesus menganggap pandangan keselamatan di dalam Yesus Kristus adalah sesuatu yang tidak masuk akal.  Namun Yesus memberikan jaminan keselamatan itu melalui karya salibnya. 

Namun sebagai orang Kristen kami percaya bahwa penebusan dan keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus adalah kebenaran, hal tersebut adalah inti kekristenan, itulah berita Injil.   

Yohanes 3:16-17 menyatakan, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.” 

Mengapa Manusia Memerlukan Keselamatan? 

Alkitab menegaskan bahwa manusia, meskipun diciptakan oleh Tuhan, namun telah jatuh kedalam dosa dan kehidupannya cenderung berbuat dosa. Hal ini dinyatakan dalam  Roma 3:23, “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.”  

Dosa memisahkan kita dari Allah (Yesaya 59:2), dan dengan usaha manusia tidak mungkin untuk menjangkau Allah atau menyelamatkan dirinya sendiri (Titus 3:5). 

Yesus Menebus Dosa Manusia 

Untuk itulah keselamatan manusia adalah sebuah karya Allah, suatu inisiatif Allah dimana Tuhan menjadi manusia (Yohanes 1:1;14), untuk menebus kita dari dosa dan memberikan hidup yang kekal serta hubungan yang dipulihkan dengan-Nya (Kolose:13-14).  

Alkitab menegaskan bahwa Yesus Kristus datang ke dunia untuk menebus dosa manusia melalui pengorbanan-Nya. Dalam Injil Matius 20:28, Yesus sendiri mengatakan, "sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang " 

Yesus menjadi korban tebusan yang sempurna, menggantikan hukuman yang semestinya diterima manusia atas dosa mereka. Dalam Surat 1 Petrus 2:24, kita diajarkan bahwa "Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh." 

Keselamatan Bukan karena Usaha, Melainkan Kasih Karunia 

Alkitab mengajarkan bahwa keselamatan bukanlah hasil dari usaha manusia sendiri, melainkan anugerah dan kasih karunia Tuhan. Dalam Surat Efesus 2:8-9, tertulis, "Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri." 

Yesus telah mati di salibkan dan mengalakan maut, bangkit pada hari ketiga dan naik ke Sorga untuk menyediakan tempat bagi mereka yang mau menerima tawaran keselamatan yang Ia berikan. Bahkan Yesus sendiri berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yohanes 14:6). Apakah Anda mau menerima tawaran yang diberikan Yesus ini? 

Jika Anda ingin berdoa untuk menerima Yesus sebagai Juru Selamat Anda, Anda dapat menggunakan doa berikut sebagai panduan. Doa adalah berbicara kepada Tuhan. Anda tidak perlu melakukan apa pun yang istimewa; berbicaralah kepada Tuhan dan ceritakan perasaan Anda tentang segala sesuatu.  

Tuhan Yesus yang terkasih, 

Saya tahu bahwa saya adalah orang berdosa dan membutuhkan pengampunan-Mu. Saya percaya bahwa Engkau telah mati di kayu salib untuk dosa-dosa saya dan bangkit dari kematian untuk memberikan saya hidup. Saya tahu bahwa Engkau adalah satu-satunya jalan menuju Tuhan. Jadi sekarang saya ingin berhenti tidak menaati Engkau dan mulai hidup untuk Engkau. Tolong ampuni saya, ubah hidup saya, dan tunjukkan kepada saya bagaimana mengenal Engkau. Dalam nama Yesus. Amin.  

Anda sudah mengikuti doa di atas ingin tahu tentang Yesus Kristus lebih lagi? Hubungi kami dengan KLIK DISINI.

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami