Inilah 10 Alasan Mengapa Orang Kristen Harus Memilih dan Tidak Golput Pada Pemilu 2024
Sumber: jateng.nu.or.id

Kata Alkitab / 12 January 2024

Kalangan Sendiri

Inilah 10 Alasan Mengapa Orang Kristen Harus Memilih dan Tidak Golput Pada Pemilu 2024

Claudia Jessica Official Writer
1643

Dalam kurun waktu satu bulan, Indonesia akan mengadakan pemilihan umum (pemilu) 2024. Pada pemilu yang akan diselenggarakan tanggal 14 Februari 2024 mendatang, generasi muda memiliki peranan penting dalam pelaksanaan atau hasil Pemilu 2024.

Melansir halaman Bijakmemilih.id yang fokus memberikan informasi terkait Pemilu 2024, sebanyak 107 juta atau 52% pemilih terdiri dari Gen Z dan Milenial.

Gen Z maupun Milenial dikenal melek dengan teknologi informasi dibandingkan generasi sebelumnya seperti Gen X dan Baby Boomer sehingga partisipasi generasi muda ini akan memberikan pengaruh besar pada hasil pemungutan suara paling mendukung pelaksanaan Pemilu 2024.

 

BACA JUGA: Menyongsong Pemilu 2024, Majelis Sinode GPIB Beri Pesan Kuat untuk Umat Kristen

 

Namun, masih ada banyak dari generasi ini yang merasa abai terhadap Pemilu. Bahkan beberapa orang mungkin masih berpendapat bahwa politik tidak memiliki hubungan dengan kerohanian sehingga merasa tidak apa-apa jika tidak menggunakan hak suara mereka atau golput.

Padahal sebaliknya, dunia politik harus diisi dengan orang-orang yang takut akan Tuhan sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan Tuhan atas bangsa yang kita tinggali, bangsa Indonesia. Dunia politik bukanlah lahan kekuasaan seseorang yang mendudukinya, melainkan ladang pelayanan yang Tuhan berikan untuk melayani rakyat dan negara.

Sebagai rakyat, kita tidak bisa membiarkan hak pilih atau suara kita hangus begitu saja dalam pemilihan umum. Sebagai orang percaya, kita perlu menjalankan peran dalam proses demokrasi saat diundang untuk berpartisipasi.

Inilah 10 alasan mengapa orang Kristen harus memilih dan tidak golput dalam pemilu.

1. Melalui pemungutan suara, kita secara terbuka mengakui ketaatan kita pada otoritas sistem politik yang telah ditetapkan oleh Tuhan di negara kita. (Roma 13:1-7)

2. Pemungutan suara adalah cara untuk mengakui kesetaraan semua orang dan hak mereka untuk bersuara serta didengarkan. (Ulangan 10:17-19)

 

 

BACA JUGA: 8 Alasan Penting Mengapa Orang Kristen Perlu ikuti Debat Capres-Cawapres

 

3. Pemilihan ini adalah salah satu cara kita untuk menaati perintah Tuhan untuk mengupayakan kebaikan bagi orang-orang di sekitar kita dan bangsa kita secara keseluruhan. (Yeremia 29:5-6)

4. Dengan memberikan suara, kita menunjukkan kepdulian terhadap pemimpin kita, sesuai dengan panggilan kita untuk berdoa dan menjadi perantara bagi mereka. (1 Timotius 2:1,2)

5. Ini adalah cara yang sederhana namun signifikan untuk melakukan sesuatu terhadap politik di negara kita. Seperti yang diungkapkan oleh Edmund Burke “Yang diperlukan agar kejahatan bisa menang adalah orang baik tidak melakukan apa pun.” (Mazmur 34:14)

6. Seperti sebutir garam dapat membawa perbedaan, memberikan suara kita dapat mempengaruhi masyarakat kita demi kebaikan. (Matius 5:13)

7. Memberikan suara merupakan bentuk penghargaan dan tanggung jawab. Kita yang menikmati keuntungan dari hidup dalam demokrasi seharusnya aktif dalam mempertahankan demokrasi.

8. Tidak memilih adalah salah satu bentuk pilihan dalam menggunakan hak suara, karena bagaimanapun juga hal itu akan mempengaruhi hasil akhirnya. Kita perlu bertanggung jawab atas tindakan kita, serta kurangnya tindakan kita. (Lukas 10:25-37)

9. Pemungutan suara mempunyai prioritas dalam Alkitab, misalnya Kisah Para Rasul 14:23 yang menjelaskan bahwa umat Kristen mula-mula memilih penatua melalui pemungutan suara.

 

BACA JUGA: Nomor Urut Capres-Cawapres Pemilu 2024 Sudah Ditetapkan! Pesan untuk Masyarakat

 

10. Memilih adalah bagian dari pelayanan kita untuk menggunakan sumber daya yang telah diberikan kepada kita dengan cara yang menghormati Tuhan. Menyia-nyiakan suara, berarti menyia-nyiakan anugerah yang Tuhan berikan.

Itulah 10 alasan mengapa orang Kristen tidak boleh golput dan harus menggunakan hak memilihnya. Pastikan Anda juga mengetahui siapa Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden sebelum memilih ya!

Ayo bagikan artikel ini ke media sosial dan teman-teman Anda agar mereka juga mengerti peran kita sebagai orang Kristen dalam Pemilu 2024.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami