Bentuk Rasa Syukur yang Komunitas Petani Cabai Lakukan
Sumber: jawaban.com

Family / 10 January 2024

Kalangan Sendiri

Bentuk Rasa Syukur yang Komunitas Petani Cabai Lakukan

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
862

Pdt. Amelia Mongi telah melayani jemaat GSJA Elshaday di Makalelon, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara selama delapan tahun. Selama itu, ia memiliki kerinduan untuk melakukan pemuridan lewat anak-anak, memulihkan hubungan keluarga, serta membantu pemulihan perekonomian jemaat.

Namun, sebagian besar jemaat di Makalelon tidak memiliki pekerjaan tetap, sehingga sangat sulit bagi Pdt. Amelia untuk mengajak mereka menyokong keuangan gereja. Ketika ada kebutuhan gereja yang bersifat mendesak, ia harus menutupi hal itu sendiri dengan dana pribadinya. Banyak aset gereja yang sudah mulai habis termakan waktu, salah satunya kursi yang mulai rapuh. Hal ini menyebabkan kursi gereja tidak cukup.

BACA JUGA : Firman Ini Menguatkan Komunitas Petani Cabai di Makalelon

Pada akhirnya, desa Makalelon menerima bantuan pertanian cabai dari program kemanusiaan CBN melalui Obor Berkat Indonesia. Pdt. Amelia memilih 5 keluarga yang sangat membutuhkan pertolongan ekonomi dan tentunya orang-orang ini yang mau diajak bekerja sama dalam mengerjakan lahan pertanian cabai.

Prosesnya tidak instan, banyak upaya yang harus mereka kerahkan, banyak tantangan yang harus mereka hadapi. Namun, kerja keras kelompok tani ini akhirnya terbayar lunas.

Hasil dari pertanian cabai ini tidak mereka nikmati sendiri. Ada dana yang mereka sumbangkan ke gereja untuk membeli 20 kursi yang akan jemaat gunakan untuk beribadah. Selain itu, mereka juga membagikan hasil pertanian ini kepada orang-orang yang ada di desa Makalelon.

Dalam rangka merayakan Natal 2023 kemarin, Pdt. Amelia bersama kelompok tani membagikan beberapa bingkisan sembako kepada opa oma dan ibu tunggal yang ada di desa tersebut sebagai bentuk rasa syukur mereka kepada Tuhan.

BACA JUGA : Sulistia Bisa Menerima Keadaan Keluarganya Setelah Belajar Materi Ini

"Setiap minggunya kita menerima hasil, jadi bisa untuk meningkatkan perekonomian jemaat. Selanjutnya ada dana yang juga masuk ke pembangunan gereja, sehingga kita bisa belikan kursi gereja yang sudah rusak. Bahkan juga dana tersebut bisa kami gunakan untuk renovasi kecil-kecilan gereja," tutur Pdt. Amel.

Dampak dari pertanian cabai Makalelon ini cukup besar, tidak hanya memulihkan perekonomian keluarga, namun mampu memberikan kebiasaan baru yang positif kepada beberapa kepala keluarga yang dulunya suka merokok dan mabuk-mabukan.

"Puji Tuhan, kami bersyukur sekali. Bantuan UMKM pertanian cabai ini membawa dampak besar untuk gereja dan jemaat di Makalelon. Terima kasih banyak tim kemanusiaan CBN," ungkapnya dengan penuh syukur.

Obor Berkat Indonesia merupakan pelayanan kemanusiaan dibawah naungan Cahaya Bagi Negeri Indonesia. Jika ingin mengenal Obor Berkat Indonesia dan ingin mengetahui kegiatan kemanusiaan yang OBI lakukan, bisa kunjungi kami di www.oborberkat.com 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami