Firman Ini Menguatkan Komunitas Petani Cabai di Makalelon
Sumber: jawaban.com

Berita CBN / 8 November 2023

Kalangan Sendiri

Firman Ini Menguatkan Komunitas Petani Cabai di Makalelon

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
880

Bulan April lalu, SoL GSJA Elshaday Makalelon di Kabupaten Minahasa dipercaya untuk menerima bantuan UMKM Pertanian dari tim kemanusiaan melalui Obor Berkat Indonesia. Ada 5 keluarga terpilih untuk tim pertanian cabai; 3 di antaranya petani, sementara 2 lainnya tidak memiliki pengalaman bertani.

Berdasarkan pengalaman di desa tersebut, pertanian dalam kelompok tidak akan berjalan lancar. Masalah seperti kurangnya kerjasama, ketimpangan tenaga, dan ketidakkonsistenan menghadang mereka. Masyarakat setempat bahkan meragukan kesuksesan kelompok pertanian ini, terutama karena cuaca yang ekstrim tidak mendukung usaha mereka.

BACA JUGA : Misi dari Guru OBI Membantuku untuk Mengatasi Masalahku dalam Membaca

Tetapi, cercaan dan keraguan tidak menghentikan semangat kelompok ini. Lima anggota komunitas petani ini semakin termotivasi untuk membuktikan bahwa mereka bisa. Mereka bekerja keras setiap minggu untuk menjalankan pertanian cabai ini.

Namun, mereka menghadapi tantangan baru, yaitu kesulitan mendapatkan air untuk menyiram tanaman cabai. Pertanian cabai sekitar mereka juga terancam oleh hama dan kekeringan. Tetapi, mereka terus bergumul dalam doa dan merujuk pada Yeremia 29:11 untuk menguatkan mereka: "Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan."

BACA JUGA : Setelah Berjuang 5 Tahun, Beban Guru di Sekolah Ini Diringankan oleh Kurikulum Super5

Akhirnya, setelah 5 bulan sejak penyemaian bibit, mereka berhasil menghasilkan 80 Kg dalam tiga kali panen sejak akhir Oktober. Setiap anggota keluarga merasa bersyukur atas bantuan UMKM ini, yang telah memberikan dampak positif pada ekonomi keluarga mereka. Lebih dari itu, komunitas cabai ini juga menginspirasi petani cabai lainnya di desa tersebut tentang cara menghasilkan cabai yang segar dan berkualitas.

Jika ingin mengenal lebih dekat dengan Kegiatan kemanusiaan Obor Berkat Indonesia, kunjungi kami di www.oborberkat.com

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami