Gempa Terkini,  Kamis Pagi Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 5,5
Sumber: BMKG

News / 28 December 2023

Kalangan Sendiri

Gempa Terkini, Kamis Pagi Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 5,5

Puji Astuti Official Writer
2263

Pada pagi, pukul 05.43 WIB, 28 Desember 2023, Kabupaten Pangandaran diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5.5. Pusat gempa berada di kedalaman 14 Km di pada 80 Km barat daya Pangandaran. Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami  

Untuk pantai Pangandaran sendiri pihak Dinas Pariwisata setempat menyatakan masih aman dikunjungi. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran, Tonton Gunari yang dikutip oleh Kompas.com, para pengunjung pantai tidak mengalami kepanikan akibat gempa yang terjadi. Menurutnya hal itu karena pusat gempa jauh dari pantai Pangandaran.  

Kerusakan Ringan Akibat Gempa di Tasikmalaya 

Sebaliknya di Tasikmalaya yang jaraknya sekitar 100 km dari Pangandaran merasakan guncangan gempa yang cukup kuat. Akibatnya beberapa gedung mengalami rusak ringan seperti tembok retak dan atap yang roboh, dua diantaranya adalah pada Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan Cipatujah dan dinding rumah di Kecamatan Salawu.  

"Iya, kami baru mendapatkan laporan 2 bangunan atap kantor (KUA) di Cipatujah dan dinding rumah saja di Salawu terdampak gempa (Pangandaran) tadi pagi," demikian penjelasan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin  yang dirilis oleh Kompas.com.  

Menurut BPBD Kabupaten Tasik, hingga berita ini dirilis belum ada laporan korban jiwa, dan kerugian akibat rusaknya bangunan diperkirakan hanya sekitar 70 juta rupiah.  

Rentetan Gempa Di Berbagai Wilayah Indonesia

Selain di wilayah Pangandaran, pada Kamis, 28 Desember 2023 ini BMKG merilis beberapa informasi gempa yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Gempa yang di atas magnitudo 5 terjadi di Pangandaran (5.5 M) dan Kabupaten Kupang (5.1 M). Selain itu gempa bumi dirasakan di Ambon dengan kekuatan 2.8 M dan 3.3 M, di wilayah Bukit Tinggi 2.7 M, dan Halmahera Barat dengan 4.4 M.  

Menjelang akhir tahun ini, mari kita berdoa untuk Indonesia kiranya dalam perlindungan Tuhan dan dijauhkan dari berbagai bencana dan malapetaka. Mari kita lepaskan damai sejahtera dan sukacita atas Indonesia tercinta, sehingga bisa memasuki tahun baru 2024 dengan selamat dan aman.  

Sumber : Berbagai Sumber / Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami