Yesus, Raja yang Dijanjikan
Kalangan Sendiri

Yesus, Raja yang Dijanjikan

Lori Official Writer
      934

Ayat Renungan: 

Matius 2: 2, “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”

Yesaya 11: 1, “Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.”

 

Ada banyak orang berkata bahwa “Orang-orang keluar dari pekerjaannya karena ingin lepas dari pemimpinnya.” Budaya kepemimpinan yang beracun dapat membuat karyawan sulit bertahan bahkan untuk sebuah pekerjaan yang sangat ia senangi. Di sisi lain, budaya kepemimpinan yang sehat dan bersemangat dapat membuat karyawan ingin tetap berada pada posisi yang bahkan terasa sulit dan penuh tuntutan. 

Di awal kitab Yesaya, bangsa Yehuda menderita karena kepemimpinan yang buruk. Raja Ahas lebih percaya pada kekuatan militer dan aliansi politik daripada percaya pada Tuhan (Yesaya 7). Raja yang buruk dan pejabat yang korup menjadi persoalan besar bagi bangsa ini (Yesaya 9: 8). Melihat situasi buruk ini, Allah pun menjanjikan hari dimana seorang raja di masa depan akan datang menjadi pemimpin yang sempurna tanpa cacat cela atas tindakan dan perkataan-Nya. 

Raja masa depan ini adalah mesias. Dia digambarkan sebagai “tunas” dari “tunggul Isai” (Yesaya 11: 1). Isai adalah nama ayah Daud, jadi ini mengacu pada garis keturunan raja Daud dan garis keturunan Isai digambarkan sebagai “tunggul”. Tapi dari tunggul ini akan tumbuh tunas baru yaitu Mesias, yang akan diberi kuasa secara unik oleh “Roh Tuhan”. Dia digambarkan sebagai sosok yang penuh dengan hikmat, pengertian, nasihat, keperkasaan dan pengetahuan. Bahkan kebenaran dan kesetiaan menjadi karakter-Nya.

Inilah Raja yang akan mendatangkan kedamaian atas dunia! Semua makhluk akan hidup secara harmonis dan Dia akan mengumpulkan sisa umat-Nya dari segala bangsa hidup di bawah pemerintahan-Nya (Yesaya 11: 12-16). 

Nubuatan inilah yang sedang kita rayakan. Yesus adalah Mesias yang dinubuatkan nabi Yesaya dan telah hadir untuk memberikan damai atas kita. Mari merayakan sukacita ini bersama-sama! 

 

Action: Apapun keadaan yang saat ini kamu alami; entah tekanan di tempat kerja, keluarga yang berantakan, persoalan finansial yang semakin sulit, hari ini izinkan Mesias yang telah lahir ini bertahta atas hidupmu. Terima janji damai sejahtera dan sukacita ada atas hidupmu. 

Ayat Hafalan: Yesaya 7: 14, “Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.”

Ikuti Kami