Bonus Akhir Tahun/THR dianggarkan untuk apa saja?
Sumber: Canva.com

Finance / 12 December 2023

Kalangan Sendiri

Bonus Akhir Tahun/THR dianggarkan untuk apa saja?

Aprita L Ekanaru Official Writer
900

Bonus akhir tahun atau THR (Tunjangan Hari Raya) merupakan salah satu bentuk apresiasi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya atas kinerja yang telah diberikan selama setahun. THR biasanya diberikan menjelang hari raya keagamaan, seperti Natal atau Tahun Baru.

Selain THR, perusahaan juga dapat memberikan bonus kinerja kepada karyawannya. Bonus kinerja diberikan berdasarkan hasil penilaian kinerja karyawan selama setahun. Besaran bonus kinerja dapat berbeda-beda, tergantung pada kebijakan perusahaan.

Lantas, apa saja yang dapat dianggarkan untuk bonus akhir tahun/THR? Berikut adalah beberapa hal yang dapat dianggarkan untuk bonus akhir tahun/THR:

1. Melunasi utang

Bagi karyawan yang memiliki utang, bonus akhir tahun/THR dapat digunakan untuk melunasi utang tersebut. Hal ini dapat membantu karyawan untuk mengurangi beban keuangan dan meningkatkan kondisi finansial.

2. Membeli kebutuhan pokok

Bonus akhir tahun/THR juga dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pokok, seperti makanan, pakaian, dan perlengkapan rumah tangga. Hal ini dapat membantu karyawan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama perayaan hari raya.

3. Berbagi dengan keluarga

Bonus akhir tahun/THR juga dapat digunakan untuk berbagi dengan keluarga, seperti orang tua, saudara, atau pasangan. Hal ini dapat mempererat hubungan keluarga dan meningkatkan keharmonisan.

4. Investasi

Bonus akhir tahun/THR juga dapat digunakan untuk berinvestasi. Hal ini dapat membantu karyawan untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

5. Dana darurat

Bonus akhir tahun/THR juga dapat digunakan untuk menyimpannya sebagai dana darurat. Hal ini dapat membantu karyawan untuk menghadapi kebutuhan yang tidak terduga, seperti sakit, kecelakaan, atau kehilangan pekerjaan.

6. Hiburan

Bonus akhir tahun/THR juga dapat digunakan untuk hiburan, seperti liburan, menonton film, atau makan di restoran. Hal ini dapat membantu karyawan untuk melepas penat dan menikmati waktu luang.

Tentu saja, penggunaan bonus akhir tahun/THR dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing karyawan. Namun, penting untuk menggunakan bonus akhir tahun/THR dengan bijak agar dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan bonus akhir tahun/THR dengan bijak:

1. Buatlah anggaran

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat anggaran untuk bonus akhir tahun/THR. Hal ini dapat membantu Anda untuk menentukan tujuan penggunaan bonus dan menghindari pemborosan.

2. Prioritaskan kebutuhan

Prioritaskan kebutuhan yang paling penting terlebih dahulu, seperti melunasi utang, membeli kebutuhan pokok, dan menabung untuk masa depan. Setelah kebutuhan pokok terpenuhi, barulah Anda dapat menggunakan bonus untuk keperluan lainnya.

3. Jangan tergiur dengan godaan

Bonus akhir tahun/THR biasanya jumlahnya cukup besar. Oleh karena itu, penting untuk menghindari godaan untuk membelanjakan bonus secara berlebihan.

Dengan menggunakan bonus akhir tahun/THR dengan bijak, Anda dapat merasakan manfaatnya secara maksimal.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami