Pasang Masker! Covid-19 Naik Lagi di Indonesia, Ternyata Ini Penyebabnya...
Sumber: Google.com

Health / 7 December 2023

Kalangan Sendiri

Pasang Masker! Covid-19 Naik Lagi di Indonesia, Ternyata Ini Penyebabnya...

Claudia Jessica Official Writer
870

Indonesia kembali menghadapi lonjakan kasus COVID-19 yang cukup signifikan, dengan beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Meskipun varian Eris EG.5 dan EG.2 disebut sebagai salah satu faktor meningkatnya COVID-19, pendapat dari Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Erlina Burhan, SpP(K), menyoroti aspek lain yang patut mendapat perhatian.

Menurut dr Erlina, lonjakan kasus kali ini terkait dengan menurunnya tingkat kekebalan tubuh di masyarakat. Meskipun vaksinasi COVID-19 telah dilakukan, tingkat proteksi dari vaksin menurun dalam beberapa bulan setelah dosis terakhir. Data Kementerian Kesehatan RI mencatat peningkatan kasus COVID-19 sebanyak 80 persen dalam rentang waktu 28 November hingga 2 Desember 2023.

 

BACA JUGA: Tahukah Ada 4 Manfaat Penggunaan Masker Bagi Kesehatan Selain Mencegah Penularan Covid

 

Meskipun varian Eris EG.5 telah menjadi sorotan, dr Erlina menjelaskan bahwa varian ini sudah ada di Indonesia sejak Juli tahun ini, dan pada waktu itu, tingkat kasus tidak mengalami lonjakan yang signifikan. Sebagai penjelasan, dr Erlina mencatat beberapa faktor penyebab, termasuk pelonggaran protokol kesehatan, tingginya mobilitas masyarakat, dan penurunan titer antibodi karena waktu sejak vaksinasi.

“Satu, kita sudah longgar dengan protokol kesehatan. Kedua, saat ini mobilisasi masyarakat sudah sangat tinggi dan ini kita tidak bisa kontrol. Karena orang sudah berkegiatan seperti biasa. Sudah sering kegiatan luring,” ungkap dr Erlina dalam konferensi pers virtualpada Rabu (06/12/2023) yang dikutip dari detikhealth.

Selain itu, dr Erlina juga menekankan bahwa tingkat proteksi yang diperoleh dari vaksin COVID-19 secara alami menurun dalam rentang waktu sekitar enam hingga 12 bulan. Oleh karena itu, pemberian vaksin booster menjadi krusial, terutama untuk kelompok rentan seperti lanjut usia dan individu dengan komorbiditas. Hal ini diharapkan dapat menekan risiko gejala berat jika terpapar virus Corona.

 

BACA JUGA: Wah, YouVersion Sediakan Tools Untuk Bantu Kesehatan Mental

 

Dengan memahami faktor-faktor ini, masyarakat diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, termasuk vaksinasi booster bagi yang memenuhi kriteria tertentu. Upaya bersama ini diharapkan dapat mengatasi dan mengendalikan lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia.

Sumber : detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami